PENERAPANKONSELING BEHAVIORAL MELALUI TEKNIK PENOKOHAN UNTUK MENGATASI KURANG DISIPLINTERHADAP TATA TERTIB SEKOLAHPADA SISWA SMK DUTA KARYA KUDUS

Amalia, Rizki (2018) PENERAPANKONSELING BEHAVIORAL MELALUI TEKNIK PENOKOHAN UNTUK MENGATASI KURANG DISIPLINTERHADAP TATA TERTIB SEKOLAHPADA SISWA SMK DUTA KARYA KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (641kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (576kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (242kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui faktor penyebab siswa tidak disiplin terhadap aturan tat tertib sekolah yang ada di SMK Duta Karya Kudus. 2. Untuk mengetahui keefektifan upaya mengatasi sikap kurang disiplin terhadap tata tertib sekolah melalui penerapan konseling behavioral dengan teknik penokohan (Life Model) di SMK Duta Karya Kudus tahun ajaran 2017/2018 Konseling Behavioristik adalah suatu pedekatan konseling yang dilakukan oleh konselor untuk mengubah perilaku yang tidak baik menjadi perilaku lebih baik. Dalam peneliti ini perilaku yang bermasalah adalah kurangnya kedisiplian siswa terhadap tata tertib sekolah, di mana siswa tersebut sering terlambat masuk sekolah, tidak memakai seragam dengan atribut yang lengkap dan kurang bersemangat bersekolah. Dengan menggunakan konseling behavioristik diharapkan siswa ada perubahan perilaku kurang disiplin terhadap tata tertib sekolah menjadi lebih disiplin terhadap tata tertib sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan konseling behavioristik dibantu dengan teknik penokohan(life modeling), yaitu kesepakatan yang dibuat konseli dan konselor untuk mengubah perilaku tertentu pada konseli. Melalui teknik penokohan (life modeling) siswa diharapkan meniru perilaku yang telah dicontohkan peneliti untuk meniru perilaku diubah menjadi lebih baik dan dapat mengubah perilaku yang diinginkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan Dan Konseling dengan metode penelitian kualitatif. Subyek yang diteliti sebanyak tiga siswa kelas XI Kimia Industri di SMK Duta Karya Kudus yang memiliki permasalahan perilaku kurang disiplin terhadap tata tertib sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kunjungan rumah (home visit) secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan kurang kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM,
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik, Teknik Penokohan (Life Modeling), Kurang Disiplin Terhadap Tata Tertib Sekolah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:13
Last Modified: 04 Jan 2019 01:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item