PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES

SETYOWATI, ENDANG (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (329kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (281kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (166kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dengan menerapkan model Group Investigation berbantu media Pictorial Riddle. Model Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat mengaktifkan siswa melalui investigasi kelompok. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan masalah dengan bantuan media Pictorial Riddle. Media Pictorial Riddle dapat memperjelas pemahaman siswa sehingga saat guru memberikan penjelasan tentang materi siswa langsung bisa menyerap penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yang diteliti yaitu model Group Investigation dan media Pictorial Riddle, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kognitif prasiklus dengan persentase 50% (kurang) dan siklus I mencapai 70% (baik) dan siklus II meningkat mencapai 90% (sangat baik). Hasil belajar afektif siklus I mencapai 80,5% (sangat baik) dam meningkat pada siklus II mencapai 87,62% (sangat baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I mencapai 77,1% (baik) dan pada siklus II meningkat mencapai 84,62% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 74,68% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 86,09% (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I mencapai 84,16% (sangat baik) dan siklus II mencapai 96,66% (sangat baik). Simpulan pada penelitian ini yakni dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation berbantu media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih aktif dan meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran. guru hendaknya menginovasi model-model pembelajaran. kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Media Pictorial Riddle, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:55
Last Modified: 02 Jan 2019 06:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9501

Actions (login required)

View Item View Item