THE CORRELATION BETWEEN THE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) AND THE ENGLISH ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 2 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

SHOLIKAH, ERNIS (2018) THE CORRELATION BETWEEN THE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) AND THE ENGLISH ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 2 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
COVER - Ernis Sholikah (201432051) - SKRIPSI 2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES - Ernis Sholikah (201432051) - SKRIPSI 2018.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah konsep berpikir yang baru dalam kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi Bloom; menganalisa, mengevaluasi dan menciptakan. HOTS terfokus pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam kasus ini, hal tersebut merujuk pada keterlibatan siswa yang kemudian juga memberikan otoritas pada siswa untuk menentukan cara belajar mereka sendiri untuk meraih prestasi yang baik terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris, sementara guru akan memfasilitasi siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah terdapat hubungan yang signifikan antara HOTS dengan prestasi Bahasa Inggris siswa kelas XI SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi yang termasuk dalam penelitian kuantitatif non- eksperimental. Jumlah sampel adalah 44 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehubungan dengan instrumen penelitian, peneliti menggunakan kuesioner / angket untuk mengetahui tingkat keterlibatan siswa dalam penerapan HOTS dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi Bahasa Inggris siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam menerapkan HOTS dikategorikan sebagai tingkat keterlibatan yang tinggi dengan nilai rata-rata 3.37 dan 79.59 sebagai nilai rata-rata dari prestasi Bahasa Inggris siswa. Singkatnya, berdasarkan perhitungan koefisien korelasi menggunakan Pearson-product moment formula, diketahu hasil dari rxy adalah 0.697 yang menunjukkan tingkat korelasi yang tinggi. Sementara itu, dengan derajat kebebasan 42 dan level signifikasi 0.05 (one-tailed), nilai r table (rt) adalah 0.251. Kemudian, telah ditemukan bahwa nilai rxy > rt dimana 0.697 > 0.251. Hal in berarti bahwa Ha (hipotesis penelitian) diterima. Kesimpulannya, terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan prestasi Bahasa Inggris siswa kelas XI SMA N 2 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Selain itu, peneliti menyarankan guru untuk memfasilitasi siswa dengan melaksanakan HOTS dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk mendapatkan keterlibatan lebih dari siwa dalam belajar Bahasa Inggris, dan untuk siswa harus menaruh perhatian lebih terkait dengan keterlibatannya dalam menerapkan HOTS untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam belajar Bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Suprihadi, M.Pd.,
Kata Kunci: penerapan HOTS, keterlibatan siswa, prestasi Bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:43
Last Modified: 20 May 2019 04:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9512

Actions (login required)

View Item View Item