THE EFFECT OF CONVERSATION EXTRACURRICULAR TOWARD THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP N 2 KALIWUNGU KUDUS IN 2017/2018 ACADEMIC YEAR

ARDIANA SARI, EVA (2018) THE EFFECT OF CONVERSATION EXTRACURRICULAR TOWARD THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP N 2 KALIWUNGU KUDUS IN 2017/2018 ACADEMIC YEAR. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (939kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
CHAPTER I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berbicara adalah salah satu keterampilan dalam bahasa inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Keterampilan ini juga merupakan salah satu keterampilan yang paling sulit dalam bahasa inggris. Hampir seluruh sekolah-sekolah di Indonesia tidak memberikan banyak waktu untuk siswa untuk mempraktikan keterampilan berbicara mereka. Salah satu cara untuk mendapatkan waktu lebih banyak dalam melatih kemampuan berbicara adalah dengan mengikuti ekstrakurikuler bahasa inggris seperti ekstrakurikuler Conversation. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa kelas tujuh SMP N 2 Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2017/2018 antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Conversation dan siswa yang tidak mengikutinya Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bentuk penelitian causal comparative dimana peneliti ingin mengetahui apakah ekstrakurikuler Conversation memberikan dampak pada kemampuan berbicara siswa atau tidak. Peneliti menggunakan teks deskripsi untuk mengukur kemampuan berbicara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Conversation dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Conversation. Setelah mengumpulkan data, peneliti menemukan hasil yang menunjukan bahwa kemampuan berbicara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Conversation lebih baik dari siswa yang tidak mengikutinya. Itu dapat dilihat dari hasil nilai antara kedua grup. Nilai tertinggi dan nilai terendah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Conversation adalah 92 dan 72. Sementara rata-rata dan simpangan bakunya adalah 81.1 dan 5.2. Sebaliknya, nilai tertinggi dan nilai terendah siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler Conversation adalah 84 dan 52. Sementara rata-rata dan simpangan bakunya adalah 63.2 dan 9.1. Selanjutnya, perhitungan t-test ditemukan bahwa t-observation (t0) adalah 7.85 sementara t-table (tt) pada derajat kebebasan (df) 40 dan pada level ketepatan 0.05 adalah 2.042. Berdasakan hasil diatas, peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa kelas tujuh SMP N 2 Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2017/2018 antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Conversation dan siswa yang tidak mengikutinya. Peneliti menganjurkan ekstrakurikuler Conversation adalah ekstrakurikuler yang sangat baik untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris mereka. Disamping itu, ekstrakurikuler Conversation juga mempunyai banyak manfaat yaitu dapat berkomunikasi baik menggunakan bahasa inggris, meminimalisir rasa takut siswa dalam berbicara bahasa inggris di depan kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nuraeningsih, S.Pd. M.Pd.,
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Conversation, kemampuan berbicara
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:41
Last Modified: 02 Jan 2019 06:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item