STUDENTS’ PROBLEMS IN DEBATE PRACTICING IN ACADEMIC SPEAKING CLASS (A case study at fourth semester of English Education Department of Universitas Muria Kudus in Academic Year 2017/2018)

PUJI ASTUTI, AYU (2018) STUDENTS’ PROBLEMS IN DEBATE PRACTICING IN ACADEMIC SPEAKING CLASS (A case study at fourth semester of English Education Department of Universitas Muria Kudus in Academic Year 2017/2018). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (623kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (218kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berbicara adalah keterampilan untuk mengekspresikan ide atau menerima pengetahuan atau informasi dari satu ke yang lain dalam situasi kehidupan secara lisan. Dalam kegiatan berbicara di kelas, guru mencoba selalu menciptakan interaksi dengan bertukar informasi dan mengekspresikan ide. Debat dianggap sebagai salah satu cara terbaik dan aktivitas kelas yang menarik dari latihan berbicara. Ini adalah salah satu praktik yang paling menantang di antara yang lain. Sedangkan perdebatan di kelas bahasa asing umumnya membantu pelajar bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan komunikatif mereka. Namun, beberapa pelajar bahasa Inggris masih memiliki masalah dalam berdebat. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan masalah dan strategi siswa untuk menyelesaikan masalah dalam debat berlatih di kelas berbicara akademik di semester empat jurusan pendidikan bahasa inggris, Universitas Muria Kudus pada tahun akademik 2017/2018. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Metode itu untuk mendeskripsikan masalah dan strategi para siswa dalam berlatih debat di kelas academic speaking. Peneliti mengumpulkan data melalui angket dan interview. Kemudian, data angket tersebut dianalisi ke dalam mean dan standar deviasi masing-masing pernyataan dan menginterpretasikan hasilnya. Selanjutnya, peneliti menganalisis data wawancara dengan mentranskripsikan hasil wawancara ke dalam bentuk tertulis, transkrip diringkas menjadi pernyataan singkat dimana arti utama yang disampaikan diulang menjadi beberapa kata dan dikategorikan dengan menggunakan analisis data berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi oleh siswa dalam berlatih debat di academic speaking class adalah kesulitan untuk berlatih berbicara, mendefinisikan gerakan, membuat batasan dan menjadi pembicara pertama dalam latihan debat, kurangnya kosa kata, sanggahan, mengekspresikan argumen, menemukan data untuk mendukung argumen, membangun pemikiran kritis, dalam cara mengelola, mengontrol kontak mata dan menggunakan catatan dalam perdebatan berlatih dan kecemasan. Sementara itu, strategi yang digunakan oleh siswa adalah melakukan latihan sebelum latihan debat, menghentikan argumen dalam beberapa menit untuk memediasi beberapa kata yang akan dihasilkan, mengulangi beberapa kata, menggunakan sinyal non-linguistik ketika menyampaikan argumen, berdiskusi dengan kelompok sebelum latihan debat, membuat beberapa catatan, membaca untuk mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber. Pada akhir penelitian ini, penulis menyarankan bahwa siswa harus menerapkan strategi yang sesuai dengan masalah yang mereka hadapi, sementara dosen harus mengetahui potensi masalah dalam debat di academic speaking class

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fitri Budi Suryani, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: masalah; berlatih debat; kelas academic speaking.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:40
Last Modified: 02 Jan 2019 06:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item