TEACHERS QUESTIONS IN ENGLISH CLASSROM OF SMA N 1 WELAHAN JEPARA IN THE ACADEMIC YEAR 2018/2019

LEVIANA WIJAYANTI, RIZKI (2018) TEACHERS QUESTIONS IN ENGLISH CLASSROM OF SMA N 1 WELAHAN JEPARA IN THE ACADEMIC YEAR 2018/2019. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (631kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (629kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (227kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (787kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pertanyaan adalah cara yang dilakukan oleh guru yg berfungsi sebagai alat atau sarana untuk mengontrol interaksi antar siswa saat mengajar di dalam kelas. Pertanyaan guru yang efektif dapat membeir perhatian siswa untuk memahami materi pelajaran, memunculkan rasa ingin tahu, mendorong siswa untuk berfikir lebih dalam dan mendapat pengetahuan yang lebih banyak. tapi seringkali pertanyaan yang efektif tidak selalu diterima oleh siswa di dalam kelas saat proses pembelajaran. Jadi seorang guru memberi pertanyaan pada siswa saat proses pembelajaran adalah hal yang sangat penting agar siswa lebih aktif dan lebih dapat berfikir. Dalam mengajar, guru memberi pertanyaan yang berbeda tergantung pada situasi proses pembelajaran di dalam kelas. Disamping pertanyaan dari guru, respon yang diberikan siswa juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dengan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pertanyaan yang diberikan, guru dapat mengetahui siswa dapat memahami atau tidak terhadap materi yang telah diajarkan sehingga hal itu dapat diperbaiki untuk menjadi lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (i) untuk menemukan tipe-tipe pertanyaan yang digunakan oleh guru SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun ajaran 2018/2019 selama proses pembelajaran di dalam kelas. (ii) untuk menemukan fungsi-fungsi pertanyaan yang digunakan guru SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun 2018/2019 selama proses pembelajaran di dalam kelas. (iii) untuk menemukan bagaimana respon siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah pertanyan-pertanyaan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dan respon siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penulis mengamati dan merekam dua guru ketika mereka sedang mengajar di dalam kelas yang mana durasi setiap sesinya adalah 60 menit. untuk menganalisis data, penulis mengidentifikasi pertanyaan guru dan respon siswa, mengklasifikasi, menganalisis dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe pertanyaan yang digunakan oleh dua guru SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun ajaran 2018/2019 adalah dominan pada tipe pertanyaan procedural dengan jumlah 65 pertanyaan. ini berarti bahwa guru tersebut fokus pada mengelola kelas, sehingga siswa dapat di kontrol sata proses pembelajaran. Hasil penelitian pada fungsi pertanyaan menunjukkan bahwa dua guru SMA N 1 Welahan Jepara pada tahun ajaran 2018/2019 cenderung menggunakan pertanyaan sebagai fungsi intructional dengan jumlah 96 pertanyaan. Itu berarti bahwa guru tersebut dapat mendorong siswa untuk memahami materi yang sedang diajarkan secara lebih mendalam. Pada respon siswa, siswa cenderung diam dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru khususnya pada tipe dan fungsi pertanyaan convergent dan divergent sebagai fungsi instructional dan motivational. Siswa bisa memberi respon pada tipe pertanyaan procedural sebagai fungsi diagnostic. Itu berarti siswa tidak bisa memahami apa yang di tanyakan oleh guru dan belum menguasai materi yang sedang diajarkan. Akhir penelitian ini, penulis menyarankan agar guru bisa lebih menggunakan pertanyaan yang bermacam-macam dan tidak hanya fokus pada mengelola kelas, tetapi juga fokus terhadap siswa agar lebih ingin berfikir sehingga akan menjadi seimbang dan lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Achmad Hilal MAdjdi,M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Pertanyaan Guru, Tipe Pertanyaan, Fungsi Pertanyaan, Respon Siswa
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:40
Last Modified: 02 Jan 2019 06:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item