THE EFFECTIVENESS OF JEOPARDY GAME FOR VOCABULARY MASTERY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 1 UNDAAN IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

YUNITA, SHANTI (2018) THE EFFECTIVENESS OF JEOPARDY GAME FOR VOCABULARY MASTERY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 1 UNDAAN IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (665kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (425kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (462kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (252kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penguasaan kosa kata adalah suatu pengetahuan kosa kata bahasa Inggris dengan mengetahui arti dari kosa kata yang sudah ditentukan di dalam silabus. Dengan menguasai kosa kata sebagai salah satu komponen pembelajaran bahasa, siswa akan mudah untuk mempraktikkan ketrampilan berbahasa tersebut. Tetapi faktanya, beberapa siswa masih kesulitan untuk mengingat kosa kata tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah permainan yang sesuai untuk mengajar kosa kata bahasa Inggris.Salah satunya dengan menggunakan permainan Jeopardy. Permainan Jeopardy adalahpermainan yang diadopsi dari acara kuis di televisi dan diadopsi dari permainan untuk alat pendidikan.Permainan ini juga mengombinasikan tiga kekuasaan, kekuasaan itu adalah: Kognitif (pengetahuan), Afektif (sikap), dan Psikomotorik (ketrampilan) untuk membuat siswa mudah dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosa kata pada siswa kelas 8 di SMP N 1 Undaan tahun akademik 2018/2019sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan permainan Jeopardy. Rancangan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan memberikan pre-test dan post-test pada satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di SMP N 1 Undaan, yang dilakukan di kelas VIII-Cdanjumlah siswa adalah 30 anak. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampel acak dan instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari penguasaan kosa kata sebelum diajar menggunakan permainan Jeopardy adalah 61.6 dan standar defiasinya adalah 21.6. Itu dikatakan “kurang baik”. Selanjutnya, nilai rata-rata dari penguasaan kosa kata setelah diajar menggunakan permainan Jeopardy adalah 81.5 dan standar defiasinya adalah 14.8. Itu dikatakan “baik”. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosa kata sebelum dan sesudah diajar menggunakan permainan Jeopardy. Setelah mengetahui hasil dari penelitian ini, permainan Jeopardy merupakan permainan yang efektif untuk mengajar kosa kata. Jadi, penulis berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris sebagai salah satu permainan untuk memperkaya kosa kata pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosa kata, Permainan Jeopardy
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:39
Last Modified: 02 Jan 2019 06:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item