THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING FOR THE STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT (A Case Study at Eleventh Grade Students of Sekolah Luar Biasa Sunan Muria Dawe Kudus in 2017 / 2018 Academic Year)

MURYAN SAPUTRI, HERLINA (2018) THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING FOR THE STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT (A Case Study at Eleventh Grade Students of Sekolah Luar Biasa Sunan Muria Dawe Kudus in 2017 / 2018 Academic Year). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (270kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Siswa dengan gangguan pendengaran pada umumnya mempuyai kesulitan dalam menghasilkan dan memperoleh bahasa lisan. Di Indonesia, siswa dengan gangguan pendengaran tidak hanya belajar pelajaran bahasa Indonesia, tetapi mereka juga belajar bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib yang harus dipelajari. Sehingga, mereka harus dibimbing di Sekolah Luar Biasa , namun pada kenyataannya hanya sedikit siswa dengan keterbatasan pendengaran yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi dan mengidentifikasikan masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa dengan gangguan pendengaran dalam proses belajar mengajar bahasa Inggis di kelas XI di Sekolah Luar Biasa tahun ajaran 2017 / 2018. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Data penelitian ini yaitu implementasi belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa dengan gangguan pendengaran dan masalah yang dihadapai guru dan siswa dengan keterbatasan pendengaran di kelas XI Sekolah Luar Biasa Sunan Muria tahun ajaran 2017 / 2018. Sedangkan sumber data dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI dengan keterbatasan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Sunan Muria. Penelitian ini menggunakan dokumen, observasi, dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut (i) implementasi belajar mengajar bahasa Inggris di Sekolah Luar Biasa Sunan Muria menggunakan Kurikulum 2013 untuk siswa berkebutuhan khusus dengan menggunakan metode demonstrasi sebagai metode afektif dan gambar sebagai sebagai media efektif dengan pendekatan komunikasi total untuk berkomunikasi. (ii) Masalah yang dihadapi guru dan siswa dengan keterbatasan pendengaran dibagi menjadi dua yaitu masalah dari dalam diantaranya mempunyai kesulitan dalam memperoleh dan menghasilkan bahasa lisan, kurangnya kosa kata, mempunyai keterbatasan ganda, mudah marah dan sensitif; dan masalah eksternal diantaranya: kurangnya inisiatif dari guru, kurangnya perhatian dalam pendistribusian instrumen pembelajaran dari pemerintah, dan kurangnya motivasi untuk belajar di rumah dari orang tua. Dari hasil penelitian ini, guru seharusnya menjadi kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa dapat termotivasi. Keterbatasan bukan masalah besar bagi siswa untuk terus meningkatkan motivasinya. Orang tua dan pemerintah juga harus menyadari perkembangannya, terutama dalam belajar bahasa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Muh. Syafei, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Siswa dengan gangguan pendengaran, Sekolah Luar Biasa, Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:30
Last Modified: 02 Jan 2019 06:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item