Pengaruh Warna Model dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan pada Konveksi Pakanan Jadi Vita Collection Jepara

Khikmah, Libasul (2012) Pengaruh Warna Model dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan pada Konveksi Pakanan Jadi Vita Collection Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (238kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (40kB)

Abstrak

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan dewasa ini adalah semakin ketatnya persaingan pasar untuk dapat memasarkan produknya kepada konsumen. Kondisi yang demikian memberikan tantangan-tantangan bagi setiap pemimpin perusahaan sehingga berusaha untuk mempertahankan posisinya dalam persaingan dengan munculnya perusahaan-perusahaan yang sejenis. Hal yang demikian menyebabkan konsumen lebih selektif menentukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya terhadap berbagai barang konsumsi yang ditawarkan oleh produsen. Untuk mengantisipasi keadaan semacam ini pengusaha dituntut untuk lebih menguasai sistem manajemen dalam pemasarannya yang semakin baik. Terutama dalam memasarkan produk perusahaan harus memperhatikan kualitas dari produk yang dihasilkan ber bagai warna yang dominan disukai oleh konsumen, saluran distribusi yang tepat, harga yang terjangkau, model sesuai dengan perkembangan zaman. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah ada pengaruh warna, model, harga dan saluran distribusi terhadap penjualan konveksi pakaian jadi Vita Collection Jepara secara parsial dan berganda ? dan (2) variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap penjualan pada Konveksi pakaian jadi Vita Collection Jepara ? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk menguji pengaruh warna, model, harga dan saluran distribusi terhadap penjualan konveksi pakaian jadi Vita Collection Jepara secara parsial dan berganda Dan (2) untuk menguji variabel yang paling dominan terhadap penjualan pada Konveksi pakaian jadi Vita Collection Jepara. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen yang membeli produk di konveksi Vita Collection Jepara. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara accidental sampling, penetapan secara aksidental artinya responden ditetapkan mereka yang kebetulan membeli di Konveksi pakaian jadi Vita Collection Jepara sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan rumus Rao, Purba (2001) Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket, yaitu daftar isian yang berbentuk tertutup berisi segala pertanyaan yang dirancang dan dibuat utnuk menjawab dan memberikan pendapat kepada komponen-komponen jawaban tertentu yang terdapat di dalam daftar isian. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Secara parsial warna (X1), model (X2), harga (X3) dan saluran distribusi (X4) terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan (Y), hal ini ditunjukkan dari hasil uji t test yang ternyata nilai koefisien regresi masing – masing variabel 3,921; 3,255; 2,998 dan 2,626 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t tabel 1,980, maka t hitung terletak di tolak (Ho), artinya hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (HA) diterima. Jadi seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini secara parsial terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel penjualan. Sedangkan secara berganda variabel warna (X1), model (X2), Harga (X3) dan saluran distribusi (X4) terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel penjualan. Hal ini dibuktikan dari hasil perbandingan nilai dari F hitung = 155,376 lebih besar jika dibandingkan dengan F tabel = 2,50. 2. Berdasarkan hasil penelitian dengan membandingkan nilai masing-masing koefisien regresi dari variabel warna (X1), model (X2), harga (X3) dan saluran distribusi (X4) dapat disimpulkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap variabel penjualan adalah variabel saluran distribusi, hal ini dibuktikan dari hasil persamaan regresinya yaitu sebagai berikut : Y = 0,700 + 0,331 X1 + 0,178 X2 + 0,260 X3 + 0,122X4

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs.M. Masruri, MM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 07:06
Last Modified: 12 Sep 2013 07:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item