THE STUDENTS’ ANXIETY INACADEMIC SPEAKING TEST (A Case Study at theFourth Semester ofEnglish Education Department ofUniversitasMuria Kudus in 2017/2018 Academic Year)

MASYITHOH FAUZIYAH, NURUL (2018) THE STUDENTS’ ANXIETY INACADEMIC SPEAKING TEST (A Case Study at theFourth Semester ofEnglish Education Department ofUniversitasMuria Kudus in 2017/2018 Academic Year). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (198kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Published Version
Download (272kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam belajar bahasa asing. Ini merupakan salah satu cara berkomunikasi untuk menyampaikan ide, pesan, dan makna penting kepada lawan bicara. Faktanya,berkomunikasi dalam bahasa asing merupakan salah satu kemampuan yang sulit dikuasai bagi siswa. Faktor yang mempengaruhi adalah stres, cemas atau gugup, kurangnya kosa kata, kurang tepatnya penyusunan grammar, takut salah, dan kurangnya persiapan. Dalam hal ini, siswa merasa cemas ketika mendapatkan tes speaking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor kecemasan tes speakingbagi mahasiswa semester empat dan juga untuk menemukan strategi untuk mengatasi kecemasan tes speakingbagi mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa InggrisUniversitas Muria Kudus tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Instrumen dari penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Sumber dari penelitian ini adalah mahasiswa semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa meliputi,kecemasan berkomunikasi dengan rata-rata persentase 57%, ketakutan terhadap penilaian yang negatif dengan rata-rata persentase 62%, dan kecemasan terhadap tes dengan rata-rata persentase 77%. Hasil dari rata-rata perseantase tersebut menunjukkan bahwa dari faktor kecemasan siswa terdapat lebih dari 50%Dan juga terdapat lima strategi untuk mengatasi kecemasan siswa meliputi, berkomitmen bahwa kamu tidak sendiri dengan rata-rata persentase 93%, mengadapi ketakutan pada diri sendiri dengan rata-rata persentase 80%, melakukan latihan dengan rata-rata persentase 82%, menciptakan keyakinan pada diridengan rata-rata persentase 88%, dan mengantisipasi gejala fisik dengan rata-rata persentase 60%. Hasil dari rata-rata perseantase tersebut menunjukkan bahwa strategi untuk mengatasi kecemasan siswa terdapat lebih dari 50%. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan bahwasiswa harus menggunakan waktu sebaik-baiknya agar bisa mempersiapkan materi, mental, dan tidak terlalu berharap pada hasil tes,tetapi percaya bahawa dirinya tidak cemas ketika melakukan tes speaking ataupun ditempat umum. Sementara itu, dosen harus memahami karakteristik mahasiswa agar mereka tidak mudah cemas ketika menghadapi tes lisanbahasa Inggris ataupun berbicara di muka umum.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Suprihadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, TesSpeaking.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:27
Last Modified: 02 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item