IMPROVING THE VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 01 PEGANJARAN KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 BY USING STICKY WORD WALL MEDIA

TRI RAHMAN, AFID (2018) IMPROVING THE VOCABULARY MASTERY OF THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD N 01 PEGANJARAN KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 BY USING STICKY WORD WALL MEDIA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
Download (147kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kosa kata adalah salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran bahasa inggris. Siswa akan mengalami kesulitan jika mereka kurang menguasai kosa kata. Namun, salah satu masalah siswa dalam belajar bahasa inggris adalah mereka mengalami kesulitan dalam mengingat beberapa kosa kata baru yang diberikan oleh guru. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas lima SD N 01 Peganjaran Kudus. Kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata masih belum cukup. Setelah menganalisa masalah-masalah tersebut, peneliti mengusulkan untuk menggunakan media yang tepat untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa yaitu Sticky Word Wall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media sticky word wall dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa SD N 01 Peganjaran Kudus melalui penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kersajasama dimana guru akan mengajar siswa sedangkan peneliti akan mengamati aktivitas guru dan murid di dalam kelas. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini memiliki dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 01 Peganjaran Kudus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima sebanyak 17 siswa. Selain itu, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan dua jenis instrument yaitu lembar observasi dan tes pencapaian. Hasilnya, penguasaan kosa kata siswa meningkat dari siklus pertama hingga siklus kedua. Dalam Pra siklus, nilai rata-rata siswa sebanyak 60, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa sebanyak 64.7 dan dalam siklus kedua nilai rata-rata siswa sebanyak 72. Jadi, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media sticky word wall dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas lima SD N 01 Peganjaran Kudus pada tahun ajaran 2017/2018. Pada akhirnya, peneliti dapat memberikan beberapa saran. Pertama, guru dapat menggunakan sticky word wall sebagai media alternatif dalam mengajar bahasa inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Kedua, peneliti yang lain dapat menggunakan media ini sebagai referensi untuk membuat penelitian baru dengan topik yang sama.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Sticky Word Wall, dan Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:16
Last Modified: 02 Jan 2019 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item View Item