AN ANALYSIS ON STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMA NU AL MA’RUF KUDUS

TRI WAHYUDI, PAMUNGKAS (2018) AN ANALYSIS ON STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMA NU AL MA’RUF KUDUS. PBI. (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Membaca adalah proses interaktif di mana pembaca membangun representasi yang berarti dari sebuah teks menggunakan strategi membaca yang efektif. Strategi membaca yang efektif dianggap sebagai keterampilan penting yang harus diterima pada kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mencari strategi guru bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman membaca dan respon siswa terhadap strategi guru dalam mengajarkan pemahaman membaca di salah satu SMA di Kudus. Penelitian ini menggunakan model penelitian qualitative yang menggunakan studi kasus yang menggunakan dua teknik pengumpulan data; observasi dan questionnaire. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan tiga fase; penyederhanaan data, pemetaan data dan penggambaran kesimpulan. Penelitian ini menunujukkan tiga strategi pembelajaran pemahaman membaca dalam tiga langkah; before-reading activity (kegiatan sebelum membaca), during-reading activity (kegiatan selama membaca) dan after-reading activity (kegiatan setelah membaca). Dalam peneltian ini juga mencari respon siswa terhadap strategi pembalajaran guru yg digolongkan menjadi positif respon dan negative respon. Temuan ini menunjukkan bahwa guru menggunakan before-reading activity (kegiatan sebelum membaca), predicting from a key illustration, predicting the title, sequencing illustration, sharing existing knowledge and storytelling. Dalam during-reading activity (kegiatan selama membaca), conducted reading aloud, reread to check comprehension, scanning the text, pause and predict and summarizing. Dalam after-reading activity (kegiatan setelah membaca), guru menggunakan questioning the text (evaluating, clarifying, and reviewing the answer). Untuk respon siswa menunjukkan bahwa mereka tidak mengetahui nama strategi dan fungsinya tetapi mereka memiliki respon positif yang baik terhadap strategi guru. Guru bahasa Inggris dapat menggunakan beberapa strategi sebagai rencana dalam mengajar pemahaman membaca. Guru dapat menggunakan aktivitas sebelum membaca, selama aktivitas membaca, dan aktivitas setelah membaca. Pemahaman membaca adalah keterampilan yang lebih kompleks dan menantang. Tanpa strategi yang baik, siswa akan kesulitan memahami teks.

Tipe dokumen: Artikel
Additional Information: Dr. Rismiyanto. S.S, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Strategi, Membaca Pemahaman
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:14
Last Modified: 02 Jan 2019 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9555

Actions (login required)

View Item View Item