THE EFFECTIVENESS OF ANIMATED SHORT STORIES IN TEACHING WRITING FOR THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 TAHUNAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

SHIFA NUR INDAH, APRILIANA (2018) THE EFFECTIVENESS OF ANIMATED SHORT STORIES IN TEACHING WRITING FOR THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA N 1 TAHUNAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (392kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (590kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (299kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah bahasa pendidikan.Melalui tulisan siswa dapat mengekspresikan perasaan mereka, dalam memproses informasi, dan belajar secara aktif.Dalam menulis teks naratif beberapa siswa tidak memiliki ide untuk menulis, dan Animasi Cerita Pendek dapat digunakan sebagai media bagi mereka untuk menulis teks naratif.Cerita animasi adalah cerita yang disajikan dalam bentuk animasi, lebih sederhana dan memiliki durasi yang lebih sedikit. Para siswa dapat melihat cerita langsung dari video dan mereka dapat memvisualisasikan apa yang mereka tonton untuk membuat teks narasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang siswa di Jepara pada tahun ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah diajarkan oleh Animasi Cerita Pendek. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental, menggunakan satu kelompok pre-test dan post-test dan instrumen penelitian adalah tes tertulis.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 10 MIPA yang merupakan siswa SMAN 1 Tahunan Jepara pada tahun ajaran2018/2019 dengan jumlah 192 siswa.Dan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah MIPA 2 yang terdiri dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi adalah 0,05 atau 5% dan derajat kebebasan (df) 33, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa siswa kelas 10 SMAN 1 Tahunan Jepara pada tahun ajaran2018/2019 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan Animasi Cerita Pendek. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-observasi (t0) sebesar 11,66, sedangkan t-tabel 1,697. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (t0 = 11.66> Tt = 1.697). Keterampilan menulis siswa kelas 1 tahun SMA diajarkan dengan menggunakanAnimasi Cerita Pendek di tahun akademik 2018/2019 (Mean = 82,88 dan SD = 5,74). Dan kemampuan menulis siswa kelas 10 SMAN 1 Tahunan Jepara pada tahun ajaran2018/2019 tanpa diajarkan dengan Animasi Cerita Pendek sudah cukup (Mean = 64,67 dan SD = 8,5). Setelah mengetahui hasil penelitian ini, Animasi Cerita Pendek adalah media yang efektif untuk mengajar menulis.Penulis berharap siswa ini dapat termotivasi untuk bergabung dengan kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Surachmi W, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Animasi Cerita Pendek, Teks Narasi, Kemampuan Menulis
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:14
Last Modified: 02 Jan 2019 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item