THE EFFECT OF USING “COLLABORATIVE P.O.W.E.R (PLAN, ORGANIZE, WRITE, EDIT, AND REWRITE) STRATEGY” TOWARD THEABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 TAHUNAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

FATMAWATI, DYAH (2018) THE EFFECT OF USING “COLLABORATIVE P.O.W.E.R (PLAN, ORGANIZE, WRITE, EDIT, AND REWRITE) STRATEGY” TOWARD THEABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 TAHUNAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (495kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (290kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan ide dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan keahlian terakhir setelah mendengarkan, berbicara, dan membaca. Menulis sangat rumit dan membutuhkan proses yang berkelanjutan dari awal hingga akhir tulisan. Dalam kasus ini, ditemukan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam menulis seperti; tidak memiliki ide untuk menulis, tidak percaya diri, bahkan kekurangan pengetahuan tentang kata kerja. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang menulis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis siswa kelas X SMAN 1 Tahunan tahun pelajaran 2017/2018 sebelum dan seudah diajar dengan strategi Collaborative P.o.w.e.r. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperiment, menggunakan satu kelompok pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Tahunan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 355 siswa. Dan sampel yang digunakan oleh penulis adalah X MIPA 1 dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini mnunjukkan bahwa dalam level signifikansi 5% dan derajat keabsahan (df) N-1= 35, ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks recount siswa kelas X SMAN 1 Tahunan sebelum dan sesudah diajar menggunakan strategi Collaborative P.o.w.e.r. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-observasi (t0) 17.54, sedangkan t-table 1.69. ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (t0 = 17.54 > Tt = 1.69). kemampuan menulis siswa kelas X SMAN 1 Tahunan yang diajar menggunakan strategi Collaborative P.o.w.e.r tahun ajaran 2017/2018 tergolong ‘baik’ (rata-rata = 79.92, dan SD = 6.27). Dan kemampuan menulis siswa kelas X SMAN 1 Tahunan tanpa menggunakan strategi Collaborative P.o.w.e.r tergolong ‘cukup’ (rata-rata = 65.66, dan SD = 9.47). Setelah mengetahui hasil dari penelitian ini, strategi Collaborative P.o.w.e.r merupakan salah satu strategi yang efektif daam mengajar menulis. Oleh karena itu, penulis berharap bahwa penelitian ini dapat digunakan guru bahasa Inggris untuk menambah referensi dalam mengajar menulis kepada siswa kelas X.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Muh. Syafei, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, Collaborative P.o.w.e.r Strategy
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:13
Last Modified: 02 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item