THE INFLUENCE OF METACOGNITIVE STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF MAN 1 JEPARA IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018

ULA AL MAULIDDIN, SYAHRUL (2018) THE INFLUENCE OF METACOGNITIVE STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF MAN 1 JEPARA IN THE ACADEMIC YEAR 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (486kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (563kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (335kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Membaca pemahaman adalah salah satu keterampilan yang paling sulit dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Siswa perlu memiliki pemahaman yang baik dan mendapatkan bentuk melalui teks yang diberikan untuk menyelesaikan subjek mereka termasuk siswa MAN 1 Jepara. Oleh karena itu, mengajar membaca teks naratif sebagai bagian dari pemahaman bacaan juga harus dikuasai untuk mencapai tujuan kurikulum. Namun, ada beberapa masalah yang membuat siswa menghadapi kesulitan untuk memahami, seperti memiliki motivasi yang kurang dan kurangnya minat untuk belajar. Hal ini terbukti dengan rata-rata tes prestasi adalah 63, lebih rendah dari skor KKM, 65. Strategi membaca metakognitif adalah salah satu strategi untuk membangun motivasi dan keterampilan siswa dalam memahami teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman pemahaman siswa kelas delapan MAN Bawu Jepara pada tahun akademik 2017/2018 setelah diajarkan dengan menggunakan strategi metakognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain one group, pre-test dan post-test. Populasinya adalah siswa MAN 1 Jepara. Sampel penelitian ini adalah siswa X MIA 1 MAN 1 Jepara pada tahun akademik 2017/2018. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan strategi membaca metakognitif dapat meningkatkan pemahaman teks narasi membaca. Itu bisa dilihat dari pre-test dan post-result. Hasil pre-test rendah (rata-rata = 64,96 dan standar deviasi = 9,17). Dan hasil post test tinggi (rata-rata = 79,02 dan standar deviasi = 8,9). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran membaca teks narasi siswa kelas X MAN 1 Jepara sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan strategi membaca metakognitif. Hasil t- observasi lebih tinggi dari t-tabel. (t0 = 3.16> tt = 2.04). Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan Strategi Membaca Metakognitif sebagai salah satu strategi alternatif untuk mengajar membaca pemahaman teks naratif yang semakin meningkat. Agar siswa merasa tertarik dan termotivasi belajar Bahasa Inggris lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Titis Sulistyowati, SS, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metacognitive Strategy, Narrative Text, Reading Comprehension.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 02 Jan 2019 06:12
Last Modified: 02 Jan 2019 06:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9565

Actions (login required)

View Item View Item