HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN KONSEP DIRI DENGAN KENAKALAN REMAJA SMK TAMAN SISWA KUDUS

Argya Mi‟raj, Priyadyaksa (2018) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN KONSEP DIRI DENGAN KENAKALAN REMAJA SMK TAMAN SISWA KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (cover) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (418kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (201kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (107kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Masa remaja seringkali dikenal dengan masa mencari jati diri, remaja memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Karena didorong oleh rasa ingin tau yang tinggi tersebut remaja cenderung menjelajah segala sesuatu dan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dialaminya. Banyak remaja yang terlibat kenakalan dikarenakan remaja tersebut kurang memahami tentang diririnya sendiri. Kenakalan remaja dilatarbelakangi oleh faktor internal maupun eksternal, antara lain adalah religiusitas dan konsep diri. Remaja yang memiliki tingkat religiusitas baik cenderung akan melakukan kebaikan dalam kehidupannya, melakukan hal- hal yang positif sesuai dengan ajaran agama serta meningggalkan larangan agamanya tanpa adanya paksaan. Remaja yang memiliki konsep diri positif akan melakukan perbuatan positif sebagaimana yang diharapkan masyarakat. Konsep diri yang negatif akan membuat remaja cenderung melanggar peraturan atau norma-norma masyarakat dan akhirnya terlibat dalam kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan konsep diri dengan kenakalan remaja di SMK Tamansiswa Kudus. Penelitian menggunakan metode regresi dengan mengambil sampel sebanyak 60 siswa. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert dengan masing- masing variabel 30 pertanyaan terbagi dalam 15 pertanyaan favorable dan 15 pertanyaan unfavorable. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kategori kenakalan remaja SMK Tamansiswa Kudus dalam kategori sedang, tingkat religiusitas remaja di SMK Tamansiswa Kudus juga dalam kategori sedang dan tingkat konsep diri siswa SMK Tamansiswa Kudus juga dalam kategori sedang. Religiusitas berhubungan negatif dan signifikan dengan nilai sig. 0.000<0.05 dan F=-5.886 yang artinya apabila tingkat religusitas semakin meningkat maka kenakalan remaja semakin rendah dan sebaliknya apabila tingkat religiusitas siswa menurun maka tingkat kenakalan remaja akan meningkat. Konsep diri berhubungan negatif signifikan dengan nilai sig. 0.013 dan F=-2.555 yang artinya apabila tingkat konsep diri meningkat maka tingkat kenakalan remaja akan menurun dan sebaliknya apabila tingkat konsep diri menurun maka tingkat kenakalan remaja di SMK Tamansiswa akan meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fajar Kawuryan, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hubungan Antara Religiusitas Dan Konsep Diri Dengan Kenakalan Remaja
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 29 Dec 2018 01:38
Last Modified: 29 Dec 2018 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item