UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018

KURNIA HANDAYANI, LILIS (2018) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (293kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (540kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (466kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (948kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Perubahan etika berbicara didalam kelas sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 2) Mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara didalam kelas Etika berbicara didalam kelas merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap siswa, untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagasan, ide dan ucapan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan bimbiingan melompok adalah suatu layanan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok. Teknik sosiodrama adalah teknik untuk pemecahan masalah yang terjadi dalam konteks masalah sosial yaitu etika berbicara didalam kelas dengan cara mendramakan masalah-masalah tersebut melalui sebuah drama. Hipotesis penelitian ini adalah : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika berbicara didalam kelas XII IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian bimbingan kelompok akan dilaksanakan di kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel bebas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tenik Sosiodrama variabel terikat etika berbicara didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Etika siswa saat berbicara pada kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus mengalami peningkatan, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mendapatkan hasil rendah dengan rata-rata 20 (40%) termasuk dalam kategori kurang (K).Setelah diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I meningkat dan memperoleh skor rata-rata 27,5 (55%) termasuk dalam kategori cukup (C). Pada siklus II memperoleh skor 43,5 termasuk (85%) dalam kategori sangat baik (SB). Hal ini menunjukkan adanya tingkat perbaikandari siklus I ke siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dapat meningkatkan etika berbicara siswa didalam kelas pada siswa kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus Tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Didalam Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada kelas XII IPS 2 di SMA 2 Bae Kudus Tahun 2017/2018 dapat diterima dan teruji kebenaranya. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat menyadari pentingnya etika berbicara didalam kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Indah Lestari, S.Pd, M.Pd. Kons.
Uncontrolled Keywords: Etika Berbicara, Bimbingan Kelompok,Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 29 Dec 2018 01:34
Last Modified: 29 Dec 2018 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9917

Actions (login required)

View Item View Item