PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI KEBIASAAN TIDUR SAAT JAM PELAJARAN PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA N 1 JEKULO

SOFI RAHMAWATI, TRI (2018) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI KEBIASAAN TIDUR SAAT JAM PELAJARAN PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA N 1 JEKULO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (472kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (413kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (217kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (142kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tidur dikelas bukan hal yang sangat langka melainkan suatu kebiasaan bagi siswa. Selain itu beragam alasan yang dilontarkan siswa kepada guru saat mereka ketiduran dikelas terutama pada saat jam pelajaran berlangsung. Untuk mengatasi kebiasaan tidur saat jam pelajaran peneliti menggunakan layanan konseling behavioristik teknik self management. Maslah penelitian ini adalah bagaimana penerapan konseling behvaioristik teknik self management untuk mengatasi kebiasaan tidur saat jam pelajaran berlangsung pada siswa kelas XII IPS 2 SMA N 1 Jekulo. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menemukan dan mendiskripsikan faktor penyebab siswa-siswi sering tidur saat jam pelajaran berlangsung, 2. Untuk mengatasi kebiasaan tidur saat jam pelajaran pada siswa kels XII IPS 2 SMA N 1 Jekulo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang di teliti yaitu DAPKI, FAS, dan JAPV dari kelas XII IPS 2 yang memiliki kebiasaan tidur saat jam pelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisa induksi sistem bacon dengan cara peneliti mengumpulkan faktor-faktor sebanyak-banyaknya sampai seluruh kondisi yang harus ditabulasikan, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu juga meneruskan suatu masalah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa setelah diberikan Konseling Behavioristik teknik self management sebanyak tiga kali pertemuan, DAPKI yang awalnya tidur dikelas saat jam pelajaran karena kelelahan akibat seringnya latihan basket dan sering main game hingga larut malam,sekarang DAPKI dapat mengubah tingkah laku yang salah menjadi perilaku yang diharapkan yaitu dengan cara tidur lebih awal, bangun lebih awal, menghilangkan kebiasaan main game, serta menambah waktu belajar setiap malam. FAS yang awalnya tidur dikelas saat jam pelajaran yang disebabkan seringnya nonton televisi hingga larut malam sampai lupa waktu istirahat, tidak memperhatikan guru atau tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran, sekarang FAS mengalami perubahan yaitu mengurangi nonton televisi serta mengatur waktu antara belajar, nonton televisi, dan istirahat, mulai memperhatikan guru saat sedang mengajar serta aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. JAPV yang sebelumnya terbiasa tidur pada saat jam pelajaran akibat kelelahan akibat seringnya latihan basket dan setelah latihan basket ia gunakan untuk nongkrong hingga tengah malam, setelah diberikan layanan kepada JAPV, perilaku JAPV mengalami perubahan yaitu dapat menambah waktu istirahat dan mengurangi kebiasaan nongkrongnya. Peneliti memberikan saran: 1. Siswa, Diharapkan siswa hendaknya mampu menyadari pentingnya mengatur pola tidur dan sebaiknya secara terus menerus dapat menerapkan hasil konseling sehingga dapat mennjadikan hasil konseling sebagai suatu kebiasaan untuk tidak kembali terbiasa tidur saat jam pelajaran. 2.Guru BK, Guru bimbingan dan konseling hendaknya mampu melaksanakan peran dan fungsi sebagai seorang konselor dengan baik, sehingga mampu membantu peserta didik yang mengalami suatu permasalahan. 3. Guru Mata Pelajaran, Diharapkan berkolaborasi dengan konselor mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan siswa yang ditemukan dalam pembelajaran serta berusaha membicarakan cara penyelesaiannya secara bersama-sama. 4. Kepala Sekolah, diharapkan kepala sekolah Perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan para guru, diantaranya dengan wali kelas, guru mata pelajaran, dan konselor untuk membahas permasalahan yang dialami oleh siswa. 5. Peneliti, Diharapkan peneliti dapat menindak lanjuti penelitian ini dengan acuan dari hasil yang telah diperoleh selama penelitian ini, sehingga kedepannya penerapan konseling behavioristik teknik self management mampu digunakan dalam mengatasi kebiasaan tidur dikelas pada siswa terutama saat jam pelajaran berlangsung.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons,
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik, Teknik Self Management, Kebiasaan Tidur.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 29 Dec 2018 01:34
Last Modified: 29 Dec 2018 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9918

Actions (login required)

View Item View Item