Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Pura Dekorindo Kudus

Cahyaningsih, Yuyuk (2012) Analisis Strategi Pemasaran pada PT. Pura Dekorindo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (65kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (9kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstrak

Suatu strategi pemasaran yang efisien adalah suatu strategi di mana strategi dan rencana pemasaran yang dapat digunakan dapat memberikan kesempatan untuk tingkat performa yang tinggi, dan dalam implementasi program tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat mencapai suatu porsi yang tinggi dari potensinya, strategi pemasaran berhubungan dengan penjualan, karena secara konseptual, penjualan merupakan hasil dari kombinasi pemasaran yang lain. Hal tersebut juga terjadi pada PT. Pura Dekorindo Kudus memproduksi berbagai kemasan. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: bagaimana posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo yang didasarkan pada variabel internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan dan bagaimana strategi pemasaran yang harus diterapkan untuk masa yang akan datang sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk menganalisis posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo yang didasarkan pada variabel internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan dan merumuskan strategi pemasaran yang harus diterapkan untuk masa yang akan datang sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel eksternal yang meliputi: faktor peluang dengan indikator: perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar dan kebijakan pemerintah dan faktor ancaman dengan indikator keberadaan pesaing, produk pengganti, tingkat inflasi, kebijakan pemerintah, sedangkan variabel internalnya meliputi: pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, jenis dan sumber datanya: data primer dan sekunder, sampel diambil sebanyak 30 responden untuk pertanyaan variabel internal, dan 5 orang yang diambil dari pihak manajemen perusahaan untuk pertanyaan variabel eksertan1, pengumpulan datanya dengan wawancara dan kuesioner, pengolahan datanya menggunakan editing, coding dan tabulating, analisis datanya menggunakan analisis validitas dan reliabilitas, metode SAP, ETOP, dan Matrik SWOT serta implikasi strategis. Dengan menggunakan analisis tersebut di atas diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1. Pemasaran PT. Pura Dekorindo memiliki nilai strategis faktor internal SAP (Strategic Advantage Profile Analysis) dengan jumlah nilai tertimbang sebesar 3,764, menunjukkan adanya kekuatan, dan berada pada posisi kuat (strong) pada kelas interval posisi persaingan strategik (SAP) atas faktor pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, Sedangkan pada analisis faktor eksternal ETOP (Environment Threat Opportunity Profile), yang dibagi dalam 2 (dua) variabel yaitu: pertama, EOE (Environment Opportunity Element) yang merupakan faktor peluang lingkungan eksternal diperoleh hasil 4,326, yang menunjukkan adanya peluang atas faktor perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar, kebijakan pemerintah, sedangkan faktor ancaman lingkungan eksternal ETE (Environmental Threat Element) diperoleh hasil ETE sebesar 2,461 yang menunjukkan ancaman yang tidak cukup berarti atas faktor keberadaan pesaing, produk pengganti, tingkat inflasi dan kebijakan pemerintah, hal ini menunjukkan posisi ETOP berdasarkan matrik berada pada posisi usaha ideal. Dengan demikian posisi pemasaran PT. Pura Dekorindo tersebut dalam gambar SWOT terletak pada posisi investasi yang merupakan interaksi dari posisi ETOP usaha ideal dengan posisi SAP kuat (strong). 2. Perumusan strategi pemasaran kedepan tetap mempertahankan kekuatan internal yang meliputi: pengembangan produk, pelayanan, mutu produk, citra produk, variasi produk, saluran distribusi, harga dan promosi, dan memanfaatkan peluang atas faktor perkembangan teknologi, luas pasar, pertumbuhan pasar, kebijakan pemerintah, serta perlu mewaspadai ancaman dari pesaing.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 = Dra. Mamik Indaryani, MS Pembimbing 11 = Dian Wismar’ein, SE, MM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri besar. Sistem pabrik. Bisnis besar.
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2013 01:56
Last Modified: 08 Feb 2013 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item