Identifikasi Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak dan Upaya Bimbingan Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelompok Siswa TK Muslimat NU Tarbiyatulathfal Ngeling Pecangan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Sholikahah, Siti (2012) Identifikasi Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak dan Upaya Bimbingan Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelompok Siswa TK Muslimat NU Tarbiyatulathfal Ngeling Pecangan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (405kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran ] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi siswa mengalami tingkat kemampuan berbahasa yang rendah. Ditandai dengan pembelajaran yang pasif, kurang yakin dengan kemampuannya, dan kesulitan melakukan percakapan dengan teman sebaya. Indikasi tersebut terdapat pada siswa kelompok A2 TK Tarbiyatul Athfal Ngeling Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 yang sekaligus sebagai subjek penelitian. Rumusan masalah yang akan dibahas dan diuraikan dalam penelitian ini “bagaimana upaya meningkatkan bimbingan bahasa anak di TK Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Ngeling Pecangaan Jepara tahun 2011/2012? Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan identifikasi permasalahan perkembangan bahasa anak dan meningkatkan bimbingan bimbingan bahasa di TK Muslimat NU Tarbiyatul Athfal Ngeling Pecangaan Jepara. Penelitian ini dilaksanakan mulai 1 Juni 2012 hingga 22 Juli 2012. Kegunaan penelitian adalah : 1. Kegunaan teoritis: Untuk memberikan pengembangan kosakata yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya berkaitan dengan bimbingan dan konseling pada anak usia dini melalui identifikasi perkembangan bahasa dan untuk upaya meningkatkan bahasanya; 2. Kegunaan Praktis adalah(a.) Bagi Siswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasanya dengan cara bermain yang menyenangkan, dengan mengekpresikan kata-kata juga dengan gambar kata misalnya gambar jambu,(b.) Bagi Guru sebagai alternatif dalam menyempurnakan proses pembelajaran melalui kosakata dan bercerita dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak, (c.) Bagi Sekolah (TK) sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa sebagai sarana pembelajaran dan untuk meningkatkan kerjasama dan kreativitas guru. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek pada penelitian ini adalah 7 siswa dari 24 siswa dengan kategori belum mampu melaksanakan aktivitas berbahasa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu reduksi, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis.Dari penelitian ini diperoleh hasil sebelum dilaksanakan cerita bergambar, kemampuan berbahasa anak masih kurang. Masih banyak terdapat nilai “K” dalam aspek bahasa yang diamati. Hasil pada siklus I menunjukkan masih ada skor rata-rata “K” sebesar 15%. Dari hasil tersebut kemudian dilaksanakan siklus II dengan melibatkan teman sebaya dalam kegiatan sehingga hasil pada siklus II skor rata-rata “K” adalah 0%. Kesimpulannya identifikasi permasalahan perkembangan anak melalui 8 aspek perkembangan tersebut sudah tercapai. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan prosentase keberhasilan siswa dalam aspek bahasa yang diamati, kemampuan melaksanakan kegiatan berbahasa dari siklus I 15% menjadi 64% pada siklus II. Berdasarkan hasil diatas kemudian peneliti menyarankan kepada (1) Lembaga Pendidikan hendaknya memberikan pengetahuan tentang bimbingan yang mendalam pada penyelenggaraan pengajaran dalam pendidikan anak usia dini,(2) Guru kelas hendaknya menambah kreativitas tidak menggunakan metode-metode yang sudah diterapkan tetapi menambah metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dugunakan untuk pembelajaran bagi anak-anak, sehingga anak akan materi yang digunakan untuk pembelajaran bagi anak-anak, sehingga akan lebih mudah memahami materi dari guru(3)Kepala sekolah seabiknya mengupayakan agar guru-guru mengikuti pelatian-pelatian dan seminar-seminar agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga tidak ketinggalan jaman dan bisa menerapkan karakter bangsa yang ada. Dengan demikian tugas perkembangan anak dapat dikembangkan dengan optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs. Sucpto, M.PD.Kons.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi perkembangan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 02:26
Last Modified: 12 Sep 2013 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item