PENGARUH TEKANAN EKSTERNAL, KOMITMEN MANAJEMEN, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, GAYA KEPEMIMPINAN, AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, DAN FAKTOR POLITIK TERHADAP PENERAPAN TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN. (Studi Empiris Pada BPPKAD Se - Eks Karisidenan Pati)

SUAYDAH, IDA (2019) PENGARUH TEKANAN EKSTERNAL, KOMITMEN MANAJEMEN, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, GAYA KEPEMIMPINAN, AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, DAN FAKTOR POLITIK TERHADAP PENERAPAN TRANSPARANSI PELAPORAN KEUANGAN. (Studi Empiris Pada BPPKAD Se - Eks Karisidenan Pati). Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (529kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (322kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (454kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (228kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Abstrak) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan eksternal, komitmen manajemen, ketidakpastian lingkungan, gaya kepemimpinan, aksesibilitas laporan keuangan, kapasitas sumber daya manusia, dan faktor politik terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan di lingkungan Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, Aset Daerah (BPPKAD) pada wilayah kabupaten Se-Eks Karisidenan Pati yang terdiri dari 5 kabupaten yaitu Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora. Populasi dalam penelitian ini adalah staff yang terkait dengan keuangan di BPPKAD Se-Eks Karisidenan Pati. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 86 responden yang terdiri dari staff yang bekerja pada bagian keuangan, bidang anggaran, bidang akuntansi, bidang perbendaharaan, dan bidang pengelolaan aset daerah. Dari 86 responden, hanya ada 75 kuesioner yang kembali. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan model, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan eksternal, komitmen manajemen, gaya kepemimpinan, aksesibilitas laporan keuangan, dan kapasitas sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Sedangkan ketidakpastian lingkungan dan faktor politik tidak berpengaruh terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nafi Inayati Zahro SE, M.Si NIDN. 0603088501 Pembimbing 2 : Zuliyati, SE, M.Si, Ak NIDN. 0603037801
Uncontrolled Keywords: Eksternal, Manajemen, Lingkungan, Kepemimpinan, Aksesibilitas, Sumber Daya, Politik, Transparansi , Akuntans, Pemerintah.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan.
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Akuntansi publik. Audit
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Jul 2019 01:32
Last Modified: 25 Jul 2019 01:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item View Item