Anggraini, Lia Putri (2019) Peningkatan berpikir kritis melalui model problem based learningberbantuan media puzzle pada siswa kelas iv sd 1 gondangmanis kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (975kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (295kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (206kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle pada kelas IV SD 1 Gondangmanis. Berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir secara mendalam tentang penalaran yang logis, keterampilan menemukan, menjelaskan, menyimpulkan pengetahuan dan melakukan tindakan. PBL merupakan suatu model pembelajaran yang melatih siswa mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah yang merangsang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Puzzle merupakan media pembelajaran yang melatih siswa memecahkan masalah bersama. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning berbantu media Puzzle pada kelas IV SD 1 Gondangmanis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gondangmanis dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem Based Learning, variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, dan tes. Analisis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PBL berbantuan Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Berpikir kritis, ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 48% dengan rata – rata 71, meningkat pada siklus I menjadi 72% dengan rata – rata 78,84, dan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata – rata 82,92. (2) Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I rata – rata mencapai 73,9% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 80,9% (Baik). (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata – rata 80,5% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 85,5% (Sangat Baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning berbantuan Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa – siswa kelas IV serta keterampilan guru SD 1 Gondangmanis. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif. Kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kreatif dan inovatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM NIDN : 0614055701 Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd NIDN : 0607018801 |
Kata Kunci: | Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Media Puzzle, Tema Berbagai Pekerjaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 02:49 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 02:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11169 |
Actions (login required)
View Item |