Sistem informasi rekrutmen calon perangkat desa berbasis web sebagai ruang partisipasi masyarakat dan pemerintah desa dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang terbuka (studi kasus : pemerintahan desa cangrkring rembang demak)

Jazuli, Ahmad and Nurkamid, Mukhamad and Ghozali, Muhammad Imam (2019) Sistem informasi rekrutmen calon perangkat desa berbasis web sebagai ruang partisipasi masyarakat dan pemerintah desa dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang terbuka (studi kasus : pemerintahan desa cangrkring rembang demak). [Experiment]

[thumbnail of hal. depan] Microsoft Word (hal. depan)
Pelengkap.docx - Published Version

Download (62kB)
[thumbnail of isi laporan penelitian] HTML (isi laporan penelitian)
Bab I sd Bab V.docx - Published Version

Download (793kB)
[thumbnail of lampiran] HTML (lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version

Download (14kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem rekrutmen calon perangkat desa di desa Cangkringrembang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Pemerintahan desa Cangkringrembang dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi pemerintahan salah satunya adalah proses rekrutmen calon perangkat desa masih dikerjakan dengan sistem konvensional. Kelemahan sistem rekrutmen konvensional, proses verifikasi data dan ujian dari calon peserta membutuhkan waktu lama sehingga hasil akhir tidak bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat. Kelemahan lainnya, jika dokumen sewaktu-waktu dibutuhkan untuk keperluan publikasi masyarakat tidak terekam dengan baik sehingga tidak dapat dijadikan pengambilan keputusan secara cepat. Metode pengembangan aplikasi sistem ini menggunakan pendekatan waterfall. Hasil penelitian ini prototype sistem rekrutmen calon perangkat desa yang adaptif yang dapat memberikan solusi bagi calon peserta, khususnya pada proses-proses rekrutmen. Dengan aplikasi ini selain dokumen mudah di simpan diruang penyimpanan online, penyelenggaraan rekrutmen calon perangkat desa dapat berjalan transparan dan partisipatif karena seluruh entitas terlibat.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: rekrutmen, web, sistem informasi.
Subjects: Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:46
Last Modified: 03 Sep 2020 02:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item View Item