SAFITRI, MIA NUR (2019) Peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan model think pair shareberbantuan media jam sudut Kelas iv sd negeri 1 sengonbugel. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (396kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version Download (156kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (132kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Kondisi awal pembelajaran di SDN 1 Sengonbugel masih bersifat konvensional (teacher centered). Hal ini berdampak pada komunikasi matematis siswa banyak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV SDN 1 Sengonbugel melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media jam sudut. Komunikasi matematis merupakan suatu perisitiwa dialog atau saling hubungan terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan berisikan materi matematis. Think Pair Share merupakan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penelitiannya, peneliti menggunakan media jam sudut yang berarti media yang menyediakan berbagai macam sudut yang dihasilkan dari jarum jam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 1 Sengonbugel dengan subjek siswa kelas IV dan guru sebagai peneliti selama 2 siklus dan 2 pertemuan setiap siklusnya yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen validasi menggunakan product momen dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis diperoleh hasil pada prasiklus dengan rata-rata 61 (D). Pada siklus I diperoleh rata-rata 73,5 (C) menjadi 80,14 (B) pada siklus II. Keterampilan komunikasi matematis siswa diperoleh hasil pada prasiklus dengan rata-rata 64,1 (D). Pada siklus I diperoleh rata-rata 71,46 (C) menjadi 80,66 (B)pada siklus II. Keterampilan mengajar guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan pada siklus I 2,6 menjadi 3,1 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media jam sudut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan keterampilan komunikasi matematis siswa SDN 1 Sengonbugel serta keterampilan mengajar guru. Saran bagi guru dapat mengaplikasikan model Think Pair Share dengan media yang sesuai dengan materi sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro., S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Think Pair Share, Komunikasi Matematis, Keterampilan Guru, Jam Sudut |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 03:00 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12637 |
Actions (login required)
View Item |