Pola asuh orang tua terhadap kecerdasan Emosional pada anak di sdn sidomulyo 2

SARI, LINDA RATNA (2019) Pola asuh orang tua terhadap kecerdasan Emosional pada anak di sdn sidomulyo 2. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil anak, bagaimana pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional pada anak. Pola asuh orang tua merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam proses tumbuh kembangan seorang anak. Dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai macam pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak yang memiliki dampak terhadap kecerdasan emosional anak yang berbeda antara anak satu dengan yang lain. Hasil penelitian ini lebih mendeskripsikan profil anak yaitu jenis kecerdasan emosional yang dialami anak dan jenis pola asuh orang tua yang diberikan kepada anak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16 Mei 2019 sampai dengan 20 Juli 2019 di SDN Sidomulyo 2. Penelitian dilaksanakan di kelas 4 dan kelas 5 SDN Sidomulyo 2 dengan subjek penelitian 3 siswa kelas 4 dan 3 siswa kelas 5. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi data yaitu pertama mereduksi data kemudian menyajikan data sehingga data dapat ditarik kesimpulan dan hasil akhir dari penelitian ini. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan berbagai macam metode pengumpulan data yaitu, observasi, dan wawancara mendapatkan hasil bahwa tiga anak dari kelas 4 dan tiga anak dari kelas 5 memiliki kecerdasan emosional yang berbeda-beda setiap anaknya yang terpengaruhi dari pola asuh orang tua yang selama ini mereka dapatkan. Pola asuh orang tua lalai, authoritharian, otoritatif, Neglectful, permisif, dan demokratis dalam penelitian ini membentuk kecerdasan emosional anak yang baik, sedang dan buruk. Pola asuh orang tua membentuk kecerdasan emosional pada anak. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang membentuk kecerdasan emosional anak. Pada beberapa anak yang diteliti di SDN Sidomulyo 2 menunjukkan bahwa kecerdasan emosionalnya bermacam-macam dan di sebabkan dari berbagai faktor salah satunya pola asuh orang tua yang bermacam-macam yang diberikan untuk anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Masfuah., S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci: pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 02:16
Last Modified: 19 Sep 2020 02:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item