Interaksi sosial siswa sd 1 prambatan kidul

A’YUNI, QURROTA (2019) Interaksi sosial siswa sd 1 prambatan kidul. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa yang superior dan inverior dan menganalisis perilaku siswa dengan nilai karakter peduli sosial. Fokus utama dari penelitian ini yaitu siswa yang memiliki perilaku ingin menang sendiri, melakukan perkelahian dengan temannya, dan siswa yang cenderung pendiam dan pemalu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SD 1 P rambatan Kidul. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki perilaku superior dan inferior, guru kelas, dan orang tua siswa. Adapun objek penelitian ini adalah interaksi sosial siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interakstif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik manusia antara individu satu dengan individu yang lain baik secara sendiri maupun kelompok. Dikalangan pendidikan sekolah terjadi hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yaitu saat proses pembelajaran berlangsung bahkan diluar pembelajaran, dalam setiap pendidikan saat melakukan hubungan sosial terdapat peserta didik yang memiliki perilaku superior (hiper aktif) dan inverior (pendiam). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku superior yaitukarena melihat contoh yang kurang baik dari teman sekitarnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku inferior disebabkan oleh dirinya sendiri yang memiliki sifat malu, penakut dan kurangnya perhatian dari pihak orang tua. Siswa tersebutdalam kesehariaanya menunjukkan perilaku baik seperti menaati peraturan sekolah, berperilaku sopan pada guru, patuh dengan perintah guru, berperilaku sopan dengan orang tua, menjalin interaksi sosial dengan baik dengan teman satu kelas, memiliki sikap pemaaf dan memaafkan. Pihak sekolah tertuama guru kelas berupaya memberi nasehat agar melakukan perbuatan baik. Upaya sekolah dalam pembentukan karakter peduli sosial dengan adanya kegiatan amalan setiap hari jumat, menjenguk teman yang sakit lebih dari 4 hari dan santunan anak yatim, yang melatih siswa agar menjadi pribadi yang tidak bakhil dan suka menolong.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: perilaku superior dan inferior
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:59
Last Modified: 21 Oct 2020 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item