Penerapan model course review horayberbantuan media komikstrip untuk meningkatkan prestasi belajarsiswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas v sd 3 adiwarno kudus

Fitriyah, Lailatul (2019) Penerapan model course review horayberbantuan media komikstrip untuk meningkatkan prestasi belajarsiswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas v sd 3 adiwarno kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Course Review Horay berbantuan media komikdan menemukan peningkatan prestasi belajar siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SD 3 Adiwarno. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian proses pembelajaran. Course Review Horay adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok yang menuntut siswa untuk aktif dan saling bekerjasama dengan teman satu kelompoknya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Course Review Horay berbantuan media komikdapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SD 3 Adiwarno. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Adiwarno dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horay berbantuan komik sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 13,72 dengan tingkat keberhasilan klasikal 5% (tidak berhasil), meningkat di siklus I memperoleh skor rata-rata 18,47 dengan tingkat keberhasilan 55% (tidak berhasil), kemudian meningkat lagi di siklus II memperoleh skor rata-rata 22,63 dengan tingkat keberhasilan 100% (berhasil). Didukung dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan muatan IPS pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas 68,54 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45%, meningkat menjadi 68% dengan rata-rata kelas 73,86 di siklus I, kemudian meningkat lagi di siklus IImenjasi 82% dengan rata-rata kelas 80,09, muatan Bahasa Indonesia pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas 73,59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% meningkat di siklus I memperoleh rata-rata kelas 76,77 dengan ketuntasan klasikal 73% , kemudian meningkat lagi di siklus II memperoleh rata-rata kelas 79,09 dengan ketuntasan klasikal 86%. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model course review horay berbantuan media komik meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SD 3 Adiwarno Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model pembelajaran Course Review Horay, Media komik, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Oct 2020 03:20
Last Modified: 31 Oct 2020 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item