A comparative study of students’ english achievement With students’ activeness in learning process

NI’MAH, CHANIFATUN (2019) A comparative study of students’ english achievement With students’ activeness in learning process. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. depan]
Preview
Text (Hal. depan)
COVER.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Di dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting untuk mencapai hasil belajar dengan baik. Dalam situasi saat ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa belajar bahasa Inggris, seperti keaktifan siswa dan prestasi siswa di kelas. Prestasi belajar siswa tidak lepas dari kegiatan belajar, karena belajar adalah suatu proses, sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses belajar. Dalam pendidikan, keberhasilan atau kegagalan siswa tergantung pada proses pembelajaran yang dialami oleh mereka. Dengan kondisi ini, penelitian ini menganalisa perbandingan nilai bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA NU Al Ma'ruf Kudus tahun ajaran 2018/2019 yang aktif dan yang tidak aktif di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang bermakna pada nilai bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA NU Al Ma'ruf Kudus tahun ajaran 2018/2019 yang aktif dan yang tidak aktif di kelas. Desain penelitian ini adalah jenis kedua dari desain penelitian ex-post facto, yaitu penelitian kausal komparatif non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA NU Al Ma'ruf Kudus dengan guru dan pelajaran bahasa Inggris Peminatan yang sama. Sampel yang diambil berjumlah 42 siswa yang aktif dan tidak aktif dikelas. Terkait dengan instrumen penelitian ini, peneliti menggunakan observasi untuk mengetahui keaktifan siswa di kelas dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi bahasa Inggris siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang aktif di kelas memiliki nilai rata-rata 81,52 dengan standar deviasi 5,4 nilai ini dapat dikategorikan baik. Sedangkan siswa yang tidak aktif di kelas memiliki nilai rata-rata 62,76 dengan standar deviasi 8,82 dan nilai ini dapat dikategorikan rendah. Selanjutnya, hasil uji uji independen sampel t-tes dengan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 40 menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (hingga = 8,442> ttab = 2,005). Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, ada perbedaan yang signifikan dari prestasi bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA NU Al Ma'ruf Kudus pada tahun akademik 2018/2019 yang aktif dan yang tidak aktif di kelas. Saran dari penelitian ini para guru dapat menggunakan beberapa kegiatan yang menarik untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, bagi siswa harus memainkan peran aktif sebagai peserta untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dan memahami pelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M. Pd. Pembimbing 2: Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M. Pd
Kata Kunci: studi komparatif, nilai bahasa Inggris, dan keaktifan siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Nov 2020 05:12
Last Modified: 02 Nov 2020 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item