Faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas iii di sd 4 piji dawe kudus

SAVIKA, RISKA AGIT (2019) Faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas iii di sd 4 piji dawe kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang dapat terlihat dari siswa kelas III SD 4 Piji Kabupaten Kudus. Motivasi belajar adalah keadaan yang terdapatt dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi belajar, siswa dapat meningkatkan minat dan bakatnya sehingga dengan adanya motivasi belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas III SD 4 Piji kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa, guru kelas, serta kepala sekolah. Penelitian ini berlangsung selama satu minggu. Fokus penelitian yang diajukan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis model interatif Mile dan Huberman (reduksi data, penyajian datan, dan penarikan kesimpulan). Hasil peneliian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III yaitu motivasi yang ada di dalam diri siswa (intrinsik) dan faktor yang berasal dari luar (ektrinsik). Faktor intrinsik tersebut terdiri dari pemenuhan asupan gizi, fungsi panca indera, minat dan bakat yang ada di dalam siswa. Sedangkan faktor ektrinsik terdiri dari kondisi lingkungan rumah siswa tersebut, kondisi di dalam kelas, serta kondisi di lingkungan sekitar rumah siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, MA, Pembimbing 2 Deka Setiawan,M.Pd
Kata Kunci: Faktor, Motivasi, Belajar, Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:12
Last Modified: 03 Nov 2020 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12830

Actions (login required)

View Item View Item