SAVIKA, RISKA AGIT (2019) Faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas iii di sd 4 piji dawe kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (923kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (362kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (199kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang dapat terlihat dari siswa kelas III SD 4 Piji Kabupaten Kudus. Motivasi belajar adalah keadaan yang terdapatt dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi belajar, siswa dapat meningkatkan minat dan bakatnya sehingga dengan adanya motivasi belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas III SD 4 Piji kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa, guru kelas, serta kepala sekolah. Penelitian ini berlangsung selama satu minggu. Fokus penelitian yang diajukan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis model interatif Mile dan Huberman (reduksi data, penyajian datan, dan penarikan kesimpulan). Hasil peneliian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III yaitu motivasi yang ada di dalam diri siswa (intrinsik) dan faktor yang berasal dari luar (ektrinsik). Faktor intrinsik tersebut terdiri dari pemenuhan asupan gizi, fungsi panca indera, minat dan bakat yang ada di dalam siswa. Sedangkan faktor ektrinsik terdiri dari kondisi lingkungan rumah siswa tersebut, kondisi di dalam kelas, serta kondisi di lingkungan sekitar rumah siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, MA, Pembimbing 2 Deka Setiawan,M.Pd |
Kata Kunci: | Faktor, Motivasi, Belajar, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12830 |
Actions (login required)
View Item |