RAHMAWATI, MAULIDA (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv sd 7 cendono menggunakan model ttw berbantuan media geoboard. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal Depan.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (424kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (202kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (35MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang saat ini kurang diminati oleh peserta didik, hal ini juga terjadi pada sebagian peserta didik kelas IV SD 7 Cendono terutama dalam materi yang berkaitan dengan soal uraian.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media Geoboard pada materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD 7 Cendono. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesuai dengan KKM dan keterampilan mengajar guru kelas IV SD 7 Cendono Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas IV SD 7 Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan jumlah subjek 24 peserta didik, penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media geoboard dengan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan mengajar guru.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas kemampuan pemecahan masalah matematis mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimulai siklus I (71%) kriteria cukup baik dan siklus II (88%) dengan kriteri baik.Keterampilan mengajar guru pada siklus I (73%) dengan kriteria baik dan siklus II (81%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write berbantuan media geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan keterampilan mengajar guru pada materi luas dan keliling persegi, persegi panjang dan segitiga.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Think Talk Write, Media Geoboard. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:17 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12832 |
Actions (login required)
View Item |