Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas iv menggunakan model discovery learning berbantuan stampel pintar pada materi bangun datar

DEWI, ULFA SEPTIANNA (2019) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas iv menggunakan model discovery learning berbantuan stampel pintar pada materi bangun datar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang ini adalah permasalahan yang ada pada materi yaitu kesulitan memahami pelajaran matematika. Dari hasil prasiklus siswa yang tuntas masih belum banyak karena masih kurang dari 50% dari seluruh jumlah siswa. Pada saat observasi bahwa masih banyak siswa yang masih kesulitan untuk memahami konsep matematika di SD N Tlogowungu 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep, mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada materi luas bangun datar. Penelitian Tindakan Kelas ini telah dilaksanakan pada kelas IV dan peneliti sebagai guru di SD N Tlogowungu 01 dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah discovery learning berbantuan stampel pintar. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika, ketrampilan mengajar guru, dan aktivitas mengajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes, lembar wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika kemampuan pemahaman konsep siswa telah mencapai ≥72% dengan kriteria baik, keterampilan mengajar guru mencapai persentase ≥71% dengan kriteria baik, dan aktivitas belajar siswa di kelas dikatakan berhasil apabila telah mencapai ≥72% dengan kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru siklus I (63,88%/cukup) dan siklus II (78,24%/ baik). Sedangkan aktivitas belajar siswa di kelas siklus I (60,69%/cukup) dan siklus II (78,82%/baik). Kemampuan pemahaman konsep siswa siklus I (60,87%/cukup) dan siklus II (82,60%/baik). Kesimpulan dari penelitian ini guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri. Sebaiknya guru menerapkan media pembelajaran sebagai sarana penanaman konsep siswa. Siswa harusnya lebih aktif dan tidak hanya berpusat pada guru dengan cara bertanya dan belajar kelompok.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Discovery Learning, Stampel Pintar, Luas Bangun Datar, Aktivitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:35
Last Modified: 03 Nov 2020 03:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item