SAFITRI, ERLITA (2019) The use of flashcards in teaching vocabulary to the fifth grade students’ of sdn 2 wergu wetan kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (639kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (425kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Siswa perlu menguasai kosakata dalam belajar bahasa Inggris. Sebenarnya, tidak mudah untuk mengajar bahasa Inggris di tingkat dasar dibandingkan dengan mengajar remaja atau pelajar dewasa. Selama pengamatan di SDN 2 Wergu Wetan Kudus pada tahun akademik 2019/2020, peneliti menemukan bahwa masalah bagi pelajar muda untuk belajar bahasa Inggris adalah mengingat kosa kata. Karena itu, guru Bahasa Inggris perlu variasi untuk mengajar siswa lebih banyak antusiasme dalam proses pembelajaran. Dan Flashcard adalah salah satu metode sederhana dan jelas untuk menarik perhatian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dari siswa kelas V SDN 2 Wergu Wetan Kudus pada Tahun Ajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Flashcard. Untuk melakukan penelitian penulis menggunakan penelitian eksperimen dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Wergu Wetan Kudus pada tahun akademik 2018/2019. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 25 siswa. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan instrumen dalam bentuk tes pilihan ganda dengan terdiri dari 20 item. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hasil penelitian menunjukkan dalam derajat kebebasan (df) = 24, tingkat signifikansi () = 0,05, dan t -tabel adalah 2.064. Setelah menghitung statistik uji, peneliti mendapat t-diperoleh yaitu 6,7. Dengan kata lain, t-memperoleh jatuh di wilayah kritis yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan lagu dalam Flashcard. Oleh karena itu, peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris terutama di sekolah dasar untuk referensi tentang penggunaan kartu flash sebagai media untuk mengajar Kosakata.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. A Hilal Madjdi, M.Pd. pembimbing 2: Rusiana, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kartu Flash, Kosakata |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 04:13 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 04:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12841 |
Actions (login required)
View Item |