Adiyawati, Novi Resha (2019) The students’ english achievements With different emotional intelligence (a study in sma n 1 tahunan jepara). Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (941kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (211kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (206kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Intelligence Quotient (IQ) bukan faktor utama dari prestasi akademik, tetapi kecerdasan emosional merupakan aspek penting bagi prestasi siswa karena siswa dengan tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi mampu mengelola diri mereka sendiri lebih baik dan berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Dan siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah dapat menjadi kurang terhubung ke pembelajaran, secara negatif mempengaruhi kinerja di kelas. Dengan kondisi tersebut, penelitian ini membandingkan prestasi bahasa Inggris siswa antara kelas sebelas SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun akademik 2019/2020 dengan kecerdasan emosi tinggi dan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari prestasi bahasa Inggris siswa dengan kecerdasan emosi yang tinggi dan rendah antara siswa kelas sebelas SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun akademik 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kasual komparatif non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Tahunan Jepara dengan guru Bahasa Inggris yang sama. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa dengan kecerdasan emosi tinggi dan rendah. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, dan uji independen sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan emosi tinggi memiliki rata-rata 79.31 dan standar deviasi7.92, dan nilai ini dikategorikan tinggi. Sedangkan dengan kecerdasan emosi rendah memiliki rata-rata 64.45 dan standardeviasi10.44, dan nilai ini dikategorikan rendah. Selain itu, uji independen sampel t-test dengan level signifikansi 0,05 dan tingkat kebebasan 58 menunjukkan bahwa t-hitung lebih tinggi dari pada t-tabel (to = 14.319 > ttab = 2,017). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan dari prestasi bahasa Inggris antara siswa kelas sebelas SMA N 1 Tahunan Jepara pada tahun akademik 2019/2020 dengan kecerdasan emosi tinggi dan rendah. Ini menunjukkan bahwa prestasi bahasa Inggris siswa dengan kecerdasan emosi tinggi lebih baik dari pada prestasi bahasa Inggris siswa dengan kecerdasan emosi rendah. Saran dari penelitian ini, kecerdasan emosi penting untuk dimasukkan dalam proses belajar mengajar. Guru dapat memberikannya untuk meningkatkan kecerdasan emosional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1: Dr. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd., Pembimbing 2: Aisyah Ririn P.U., S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kausal komparative, nilai bahasa Inggris, kecerdasan emosional. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 03:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 03:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12861 |
Actions (login required)
View Item |