The impoliteness strategies in reader comments and readers’ responses to impoliteness strategies found in reply comments on pannchoa website

Maghfiroh, Anis (2019) The impoliteness strategies in reader comments and readers’ responses to impoliteness strategies found in reply comments on pannchoa website. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
Bab V.pdf

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstrak

Kata-kata yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik secara langsung mauun melalui media komunikasi dapat menyinggung perasaan orang lain dan menimbulkan konflik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyediakan informasi tentang strategi ketidaksopanan dan respon yang tepat terkait hal tersebut. Penelitian ini menganalisis strategi ketidaksopanan yang digunakan oleh pembaca website Pannchoa dalam kolom komentar dan menganalisa respon pembaca terhadap ketidaksopanan yang ditemukan dalam komentar balasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Ada dua data yang diguanakan, strategi ketidaksopanan dalam komentar pembaca dan respon terhadap ketidaksopanan dalam komentar balasan. Sumber data dari penelitian ini adalah kolom komentar dan komentar balasan yang diambil dari website Pannchoa dalam berita berjudul Mantan trainee YG mengungkapkan alasan dirinya keluar dari perusahaan. Berdasarkan analisis, peneliti menemukan hanya empat startegi yang digunakan oleh pembaca website Pannchoa; bald on record (9), positive impoliteness (10), negative impoliteness (23) and sarcasm/mock politeness (5). Dan untuk analisis tentang respon terhadap ketidaksopanan, peneliti menemukan semua jenis respon seperti yang dikemukakan oleh Culpeper, Bousfield dan Wichmann (2003) dimana accepting the face attack (6), offensive countering (24), defensive countering (23) and no responses (9). Peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada penelitian pragmatis dan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dalam penelitian mengenai ketidaksopanan atau mengenai pendekatan pragmatis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Agung Dwi Nurcahyo S.S., M.Pd.
Kata Kunci: impoliteness strategies, CMC, responses to impoliteness
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:29
Last Modified: 05 Nov 2020 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item