Peningkatan keterampilan menulis menggunakan model circ bebantuan media wargam tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas iv sd 1 kaliwungu kudus

SURAYYA, SYIFA EDNI (2019) Peningkatan keterampilan menulis menggunakan model circ bebantuan media wargam tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas iv sd 1 kaliwungu kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL docx.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, 2) mendeskripsikan keterampilan guru selama pembelajaran dan 3) menemukan peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan model CIRC berbantuan media wargam pada muatan Bahasa Indonesia dan IPS kelas IV SD 1 Kaliwungu Kudus. Menulis merupakan kegiatan untuk mengembangkan serta menuangkan isi pikirannya ke dalam suatu struktur tulisan yang teratur agar pembaca dapat memahami apa yang ingin disampaikan oleh penuli. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah model pembelajaran yang menutut siswa secara berkelompok bekerjasama untuk membaca dan menulis. Media wayang gambar (wargam) adalah media pembelajaran berupa wayang gambar kartun anak yang memakai baju tradisional serta panggung yang beralaskan gambar peta Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model CIRC berbantuan media warga. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara,tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 79,5% (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 88% (sangat baik). Aktivitas belajar pada siklus I memperoleh persentase 75% (baik) dan siklus II menjadi 79% (baik). Keterampilan menulis siswa muatan IPS pada siklus I memperoleh persentase 70,8% (cukup) dan pada siklus II memperoleh persentase 83,3% (baik). Keterampilan menulis siswa muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh persentase 79,2% (baik) dan siklus II persentase sebesar 87,5% (memuaskan). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model CIRC berbantuan media wargam dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa pada tema 7 muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 1 Kaliwungu Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Moh. Kanzunudin, M.Pd., Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Model CIRC, Keterampilan Menulis, Media Wargam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 02:43
Last Modified: 07 Nov 2020 02:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12904

Actions (login required)

View Item View Item