Penerapan model number head together untuk meningkatkan keterampilan berbicara tema berbagai pekerjaan berbantuan media flash card pada siswa kelas iv sdn 2 bae kudus

ANDRIANI, RISKA (2019) Penerapan model number head together untuk meningkatkan keterampilan berbicara tema berbagai pekerjaan berbantuan media flash card pada siswa kelas iv sdn 2 bae kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Number Head Together berbantuan media Flashcard; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Number Head Together berbantuan media Flashcard; dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui model Number Head Together berbantuan media Flashcard tematik pada tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SDN 02 Bae Kudus. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap makhluk, termasuk pada peserta didik yang masih dalam taraf awal belajar. Model Number Head Together merupakan model pembelajaran berkelompok yang masing-masing anggotanya memakai nomor di kepala sebagai identitas diri. Flashcard merupakan media pembelajaran gambar dalam bentuk kartu berukuran 20 x 30 cm untuk mempermudah siswa memahami materi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Number Head Together untuk meningkatkan keterampilan berbicara tema berbagai pekerjaan berbantuan media Flashcard pada siswa kelas IV SDN 02 Bae Kudus. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada kelas IV SDN 02 Bae Kudus dengan subjek penelitian guru dan 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Siklus pertama yaitu pada subtema 1 pembelajaran 1, 3, dan 5. Siklus dua berlangsung pada subtema 2 pembelajaran 1, 3, dan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan mengajar guru siklus 1 mendapatkan nilai sebanyak 74% dan meningkat menjadi 85% pada siklus II; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mendapatkan hasil sebanyak 72% dan 83% pada siklus II mengalami peningkatan; serta (3) keterampilan berbicara siswa pada siklus 1 menapatkan nilai klasikal sebanyak 72% dan 95% nilai rata-rata pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa meningkat dengan diterapkannya model Number Head Together berbantuan media flashcard.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Mila Roysa, S. Pd., M. Pd Pembimbing 2 Irfai Fathurohman, S. Pd., M. Pd
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Number Head Together, Flashcard.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 04:05
Last Modified: 07 Nov 2020 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item