Pengembangan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal gusjigang pada siswa Kelas iv sekolah dasar di kudus

Sofyan, Ivan Ahmad (2019) Pengembangan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal gusjigang pada siswa Kelas iv sekolah dasar di kudus. Master thesis, UMK.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Kearifan Lokal Gusjigang pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kudus, serta menguji model yang dikembangkan apakah lebih efektif dari yang sebelumnya.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau (R&D) yang telah disederhanakan menjadi 8 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di kecamatan Gebog, Kota, dan Kaliwungu Kabupaten Kudus di kelas IV tahun pelajaran 2019/2020. Pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang menghasilkan beberapa komponen di antaranya: 1) sintak model pembelajaran mind mapping berbasis Gusjigang; 2) sistem sosial; 3) Prinsip reaksi; 4) Sistem pendukung; 5) Dampak instruksional dan dampak pengiring. Model juga dilengkapi dengan buku panduan model pembelajaran mind mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang. Hasil uji efektivitas menggunakan PTK, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar di aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 1) Aspek sikap, SD 1 Gribig siklus I 86% meningkat 91% di siklus II, SDIT Lukman Hakim siklus I 84% meningkat 91% di siklus II. SD 1 Gamong siklus I 83% meningkat di siklus II 89%. 2) Aspek Pengetahuan, SD 1 Gribig pelajaran PPKn di siklus I 84% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 79% meningkat di siklus II 92%. SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn di siklus I 83% meningkat di siklus II 100%, bahasa Indonesia siklus I 78% meningkat di siklus II 91%. SD 1 Gamong pelajaran PPKn di siklus I 82% meningkat di siklus II 100%, sedangkan bahasa Indonesia siklus I 76% meningkat di siklus II 88%. 3) Aspek keterampilan,SDIT Lukman Hakim pelajaran PPKn siklus I 84 meningkat di siklus II 86, bahasa Indonesia siklus I 82 meningkat di siklus II 87. SD 1 Gribig siklus I pelajaran PPKn 82 meningkat di siklus II 85, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 84. SD 1 Gamong pelajaran PPKn siklus I 82 meningkat di siklus II 83, bahasa Indonesia siklus I 81 meningkat di siklus II 82. Melalui pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis kearifan lokal Gusjigang diharapkan bermanfaat bagi guru untuk ikut serta merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan dekat dengan lingkungan siswa. Disamping itu juga bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran yang didapat lebih bermakna.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran Mind Mapping,Gusjigang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:09
Last Modified: 07 Nov 2020 05:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12930

Actions (login required)

View Item View Item