Pengembangan pembelajaran tematik berbasis android dengan powerspring html 5 untuk membangun sikap deradikalisasi Siswa sekolah dasar

Hadi, Nur (2019) Pengembangan pembelajaran tematik berbasis android dengan powerspring html 5 untuk membangun sikap deradikalisasi Siswa sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal Judul, Daftar Isi, gambar dll Fix.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran tematik berbasis deradikalisasi siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (2) merumuskan pengembangan desain pembelajaran tematik berbasis android dengan PowerSpring Html 5 untuk membangun sikap deradikalisasi siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus, (3) menganalisiskeefektifan pembelajaran tematik berbasis android dengan Powerspring Html 5 untuk membangun sikap deradikalisasi siswa sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi: 1) menganalisis kebutuhan di SD; 2) mengembangkan desain awal; 3) validasi dan revisi; 4) uji coba terbatas; 5) uji coba luas; 6) diseminasi. Pelaksanaan uji coba dilakukan pada 106 orang siswa di SD 1,2,3,6 Bulungkulon sebagai kelas eksperimen dan 97 orang siswa di SD 7 Bulungkulon,SD 1,2,3, dan 4 Sadang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, tes, wawancara. Data hasil validasi dianalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor. Data keefektifan model pembelajaran tematik berbasis android dengan Powerspring Html 5 dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Model pembelajaran yang dikembangkan berupa pembelajaran tematik berbasis android dengan Powerspring Html 5. Pembelajaran terbukti valid karena jumlah skor yang diperoleh dari 4 orang validator masing-masing 52, 25,20 dan 51 kriteria skor valid. Penggunaan pembelajaranefektif membangun sikap deradikalisasi yang terbukti dari peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen adalah hampir sama, yaitu 28,35 kelas kontrol dan 29,43 kelas eksperimen. Setelah diberikan intervensi, rata-rata posttest kelas kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 36,38 dan 37,49. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,538 dengan taraf signifikansi 0,012< α = 0,05. Persentase respon positif yang diberikan guru dan siswa masing-masing adalah 95,2% dan 98,7% dari kriteria minimal 75,01%. Aktivitas belajar siswa kelas kontrol mencapai rerata 63% dan kelas eksperimen 77%. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran tematik berbasis android dengan Powerspring Html 5mampu membangun sikap deradikalisasi siswa sekolah dasar. Disarankan agar guru menggunakan pembelajaran tematik berbasis android dengan Powerspring Html 5pada pembelajaran tematik karena mampu membangun sikap deradikalisasi siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, android, sikap deradikalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 05:17
Last Modified: 07 Nov 2020 05:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12932

Actions (login required)

View Item View Item