Penerapan model inquiry untuk meningkatkankreativitas siswa kelas iv tema daerah tempat tinggalku berbantuan media peta konsep di sd n kutoharjo 01

SUSANTI, WINDA AYU (2019) Penerapan model inquiry untuk meningkatkankreativitas siswa kelas iv tema daerah tempat tinggalku berbantuan media peta konsep di sd n kutoharjo 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL.JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (897kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, dan kreativitas siswa dalam menerapkan model Inquiry berbatuan media Peta Konsep kelas IV Tema Daerah Tempat Tinggalku di SD N Kutoharjo 01. Model pembelajaran Inquiry adalah suatu perencanaan pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung melalui kegiatan penyelidikan dalam menemukan suatu konsep yang dipelajari sehingga siswa mampu memecahkan masalah. Model Inquiri terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap 1) Orientasi 2) Merumuskan masalah, 3) Merumuskan Hipotesis, 4) Menguji Hipotesis, 5) Membuat kesimpulan. Kelebihan dari model Inquiry yaitu dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan gagasan baru yang imajinatif dan juga mampu mengadaptasi gagasan baru dengan gagasan yang sudah ada agar menjadi lebih inovatif dan imajinatif. Tindakan penelitian kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SD N Kutoharjo 01 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini berlangsung dengan menggunakan desain Kemmis dan MC Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Inquiry berbantuan media Peta Konsep, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, ddokumentasi. Pada analisis pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan evaluasi Kreativitas siswa siklus I dan siklus II pada Tema Daerah Tempat Tinggal melalui model Inquiry berbantuan media Peta Konsep di kelas IV SD N Kutoharjo 01 mengalami peningkatan. Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS dapat ditinjau dari nilai prasiklus yang mendapatkan rata-rata 75, sedangkan nilai prasiklus Bahasa Indonesia mendapatkan rata-rata 69. Terjadi peningkatan pada siklus I nilai IPS mendapatkan rata-rata 79,38, sedangkan Bahasa Indonesia mendapatkan rata-rata 76,79. Siklus II mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 85 pada muatan IPS sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia meningkat dengan rata-rata 80,41.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Moh. Syaffruddin Kuryanto, S. Si., M.Or.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Kreativitas Siswa, IPS, Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Nov 2020 06:09
Last Modified: 07 Nov 2020 06:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item View Item