Penerapan model think pair share untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v berbantuan media penspa (peta konsep peristiwa) pada tema peristiwa dalam kehidupan di sd 1 wergu wetan kudus

Khotijah, Siti (2019) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas v berbantuan media penspa (peta konsep peristiwa) pada tema peristiwa dalam kehidupan di sd 1 wergu wetan kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ketrampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan dengan menggunakan model Think Pair Share berbantuan media penspa (Peta Konsep Peristiwa). Think pair share merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk memberdayakan pemahaman siswa dengan cara siswa aktif dalam pembelajaran. Pemahaman konsep siswa merupakan proses menerima, menyerap dan memahami pelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Peta Konsep Persitiwa merupakan media untuk memperlihatkan hubungan antar konsep untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif. Materi tema peristiwa dalam kehidupan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peristiwa penjajahan di Indonesia dan keberagaman bangsa Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Think Pair Share berbantuan media Penspa dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Wergu Wetan dengan subjek penelitian 38 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share berbantuan media Penspa. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 66% kualifikasi baik dan siklus II meningkat menjadi 85% kualifikasi sangat baik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 61% kualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 80% kualifikasi baik. Pemahaman konsep siswa tema peristiwa dalam kehidupan pada siklus I mendapat persentase sebesar 63% kualifikasi baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mendapat persentase sebesar 90% kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media penspa dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan kudus. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa diharapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Santoso, S.Pd., M.Pd. Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: model Think Pair Share, Pemahaman Konsep siswa, Penspa (Peta Konsep Peristiwa).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:22
Last Modified: 14 Dec 2020 06:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item