Wulandari, Desti (2019) Penerapan model problem based learning untuk peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan media problem box pada tema Daerah tempat tinggalku kelas iv Siswa sd 4 jekulo. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (462kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadanketerampilan guru setelahditerapkan model pembelajaranProblem Based Learning berbantuan media Problem Box padakelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Berpikirkritisadalahsuatukemampuanberpikirsecaramendalamtentangpenalaran yang logis, keterampilanmenemukan, menjelaskan, menyimpulkanpengetahuandanmelakukantindakan.PBL merupakansuatu model pembelajaran yang melatihsiswamengembangkankemampuannyadalammenyelesaikandanmemecahkanmasalah yang merangsangsiswauntukberpikirtingkattinggi.Problem Box merupakan media pembelajaran yang melatihsiswamemecahkanmasalahbersama.Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatankemampuanberpikirkritismelalui model Problem Based Learning berbantu media Problem Box padakelas IV SD 4 Jekulo Kudus. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di kelas IV SD 4 Jekulo Kudus dengansubjekpenelitian 34 siswa.Penelitianberlangsung 2 siklus yang menggunakandesain PTK dariKemmisdan Mc. Taggart.Setiapsiklusterdiridari 4 tahapyakniperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebaspenelitianiniadalah model Problem Based Learning, variabelterikatnyaadalahberpikirkritissiswa. Metodepengumpulan data yaituwawancara, observasidandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniadalahlembarwawancara, pedomanobservasi, dantes.Analisis data berupa data kuantitatifdan data kualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan PBL berbantuanProblem Box dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadanketerampilan guru.Hal inidilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) berpikirkritis, ketuntasanklasikalsiswaprasiklussebesar 47% dengan rata-rata 71, meningkatpadasiklus I menjadi 72% dengan rata-rata 78,73, danpadasiklus II meningkatmenjadi 84% dengan rata-rata 83,82. (2) keterampilan guru padasiklus I memperolehskor rata-rata 80,5% (Baik), meningkatpadasiklus II menjadi 85,5% (SangatBaik). SimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanProblem Based Learning berbantuanProblem Box dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelas IV danketerampilan guru SD 4 Jekulo Kudus.Saran dalampenelitianini, siswahendaknyaaktifdalammengikutipembelajaran. Guru hendaknyamenggunakan model pembelajaran yang variatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Moh. kanzunudin, M.Pd. Ika Oktavianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Problem Based Learning, Media Problem Box, BerpikirKritis, SekolahDasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 06:29 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 06:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12957 |
Actions (login required)
View Item |