Susilowati, Eni (2019) Peningkatan hasil belajar melalui model make a match berbantuan audio visual pada tema 8 daerah tempat tinggalku kelas iv sdn 2 surodadi. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL .pdf - Published Version Download (783kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran yang belummenggunakan model dan media sebagaialatpendukungmembuatpesertadidikcenderungbertindaksebagaipendengar, pencatat, danpenghafalmateripelajaransehinggapesertadidikcepatbosandalammengikutipembelajarandanberujungpadahasilbelajar yang rendah. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajardanketerampilanmengajar guru melalui model Make A Matchberbantuan media audio visual padatema 8 Daerah TempatTinggalkupadakelasIV pesertadidiksekolahdasar. Hasilbelajarmerupakanprestasi yang dicapaipesertadidiksebagaibuktikeberhasilandalam proses belajarmengajar. Make A Matchmerupakankegiatanpembelajaran yang menekankanpadakeaktifanpesertadidikdenganmencaripasangankartusoalataujawabandengansuasanamenyenangkan. Penelitianinimenggunakan media audio visual. Media audio visual merupakan media pembelajaran yang dibuatdalambentukslidesuaradan video yang berkaitandenganmateritema8 Daerah TempatTinggalkumuatan IPS danPPKn. Penelitiantindakankelasinidilakukan di kelas IV SDN 2 Surodadidengansubyekpenelitian guru dan 22 pesertadidik.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelasdariKemmisdanMcTaggartdanberlangsungselamaduasiklussetiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, tindakan, pengamatan, danrefleksi. Metodepengumpulan data melaluiteknikobservasi, wawancara, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisis data deskriptifkuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianketerampilan guru darisiklus I sebesar 70,41% kriteriabaik (B) padasiklus II meningkatmenjadi 85,42% kriteriasangatbaik (SB). HasilbelajarmuatanPPKndarisiklus I sebesar 72,73% kriteriabaik (B) padasiklus II meningkatsebesar 86,36% kriteriasangatbaik (SB) dan IPS darisiklus I sebesar 77,27% kriteriabaik (B) meningkatsebesar 81,82% padasiklus II kriteriabaik (B). Aspeksikapdarisiklus I sebesar 63,64% kriteriabaik (B) meningkatpadasiklus II sebesar 86,36% kriteriasangatbaik (SB). AspekketerampilanmuatanPPKnsiklus I sebesar 72,73% kriteriabaik (B) meningkatmenjadi 81,82% kriteriasangatbaik (SB) padasiklus II, sedangkanmuatan IPS siklus I sebesar 68,18% kriteriabaik (B) padasiklus II meningkatmenjadi 86,36% kriteriasangatbaik (SB). Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamelaluipenerapan model Make A Matchberbantuan audio visual dapatmeningkatkanketerampilanmengajar guru danmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikkelas IV SDN 2 Surodadi. Saran, pesertadidikdiharapkanberpartisipasiaktifdalampembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Ari Prawtiwi, M.Pd. Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil belajar, make a match, audio visual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 07:07 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 07:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12959 |
Actions (login required)
View Item |