Penerapan model jigsaw berbantuan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita kelas v sd 2 gondangmanis

Kodrianingsih, Emi (2019) Penerapan model jigsaw berbantuan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema benda-benda di sekitar kita kelas v sd 2 gondangmanis. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada tema benda-benda disekitar kita melalui model Jigsaw berbantuan media Pop Up. Hasil belajar adalah perubahan perilaku seseorang. Jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada belajar kelompok yang dibagi dalam kelompok asal dan kelompok ahli.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa tema benda-benda disekitar kita kelas V SD 2 Gondangmanis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus. Dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD 2 Gondangmanis Kabupaten Kudus dengan jumlah 21 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model Jigsaw berbantuan media pop up, sedangkan varibel terikat yakni hasil belajar siswa kelas V SD 2 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Pop Up dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 75,83% menjadi 83,33%. Hasil belajar ranah kognitif muatan IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari presentase 52% menjadi 85,71%. Sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia dari presentase 71,47% menjadi 90,7%. Hasil belajar ranah keterampilan muatan IPS juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari presentase 73,09% menjadi 88,80% sedangkan untuk muatan Bahasa Indonesia yaitu dari presentase 75,23% meningkat 90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Pop Up dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar ranah kognitif dan hasil belajar ranah keterampilan pada tema benda-benda disekitar kita muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SD 2 Gondangmanis Bae Kudus. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi pada siswa yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Ika Oktavianti, M.Pd. Ristiyani, M.Pd.
Kata Kunci: Model Jigsaw, Media Pop Up, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:15
Last Modified: 14 Dec 2020 07:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12960

Actions (login required)

View Item View Item