Peningkatan pemahaman konsep melalui model Mind mapping berbantuan media pop-up book tema lingkungan sahabat kita untuk kelas v Sd 1 prambatan lor

AZIZAH, AULIA IMAROTUL (2019) Peningkatan pemahaman konsep melalui model Mind mapping berbantuan media pop-up book tema lingkungan sahabat kita untuk kelas v Sd 1 prambatan lor. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan guru, mengetahui peningkatan pemahaman konsep, dan mengetahui aktivitas siswa melalui model Mind Mapping berbantuan media Pop-Up Book tema lingkungan sahabat kita untuk kelas V SD 1 Prambatan Lor tahun ajaran 2018/2019. Pemahaman konsep merupakan proses, cara, perbuatan mengerti atau mengetahui secara detail mengenai konsep yang tercermin dalam meningkatnya suatu hasil belajar. model pembelajaran mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan memetakan pikiran-pikaran dengan secara menarik, mudah dan berdaya guna bagi setiap siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru. mediapop-up book adalah sebuah buku dengan tampilan gambar yang bisa ditegakkan dan memiliki unsur tiga dimensi yang unik, menarik dan bermakna yang fapat bergerak ketika halamannya dibuka. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD 1 Prambatan Lor dengan subyek penelitian siswa kelas V. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model mind mapping dan media pop-up book sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan ketuntasan keterampilan guru pada siklus I 78,2% dan siklus II 91%, di dukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa PPKn dan Bahasa Indonesia pada siklus I 71,48% (baik) menjadi 81,8% (sangat baik) siklis II, didukung dengan nilai pemahaman konsep siswa pada ranah sikap siklus I 72,05% (baik) menjadi 83,4% pada siklus II, pada ranah keterampilan siklus I 69,84% (baik) menjadi 81,96% (sangat baik) siklus II, pada ranah pengetahuan pada siklus I 73% (baik) menjadi 84% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa peningkatan pemahaman konsep melalui model mind mapping berbantuan media pop-up book tema lingkungan sahabat kita untuk kelas V SD 1 Prambatan Lor. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Prambatan Lor dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping dengan berbantuan media pop-up book dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema ligungan sahabat kita kelas V SD 1 Prambatan Lor.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Mind Mapping, Media Pop-Up Book. Keberagaman Sosial Budaya, Teks Nonfiksi dan Fiksi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:16
Last Modified: 17 Dec 2020 02:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item