Penerapan model teams games tournamentsmenggunakan media kartu pintar untuk peningkatkan pemahaman konsep belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas v sd kutoharjo 01 pati

Saputra, Rudy (2019) Penerapan model teams games tournamentsmenggunakan media kartu pintar untuk peningkatkan pemahaman konsep belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas v sd kutoharjo 01 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul .pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru, peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran, dan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model Teams Games Tournaments menggunakan media Kartu Pintar pada tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V SD Kutoharjo 01tahun ajaran 2019. Penelitian ini menggunakan kajian teori yakni kajian teori keterampilan guru menurut (Sanjaya, 2013:33), kajian teori pemahaman konsep menurut (Susanto, 2014:208). Penelitian tindakan kelas ini sudah dilaksanakan di kelas V SD Kutoharjo 01 Pati dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini sudah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Pemahaman Konsep Belajar Siswa dalam pembelajaran, sedangkan variabel bebasnya adalah pembelajaran Teams Games Turnaments dan media kartu pintar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian terdiri yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 77% (baik), pada siklus II sebesar 86% (sangat baik). Persentase ketuntasan pemahaman konsep belajar siswa pada pra siklus yaitu rata rata 69,9 pada PPKn dan 72,8 Bahasa Indonesia (cukup baik), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 67% (cukup baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 80 % (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD Kutoharjo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Turnaments berbantuan media kartu dapat meningkatkan kererampilan guru, pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi,M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, model pembelajaran Teams Games Tournaments, media kartu pintar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:26
Last Modified: 17 Dec 2020 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item