Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd i payaman melalui penerapan model group investigation berbantuan media mind mapping pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku

MUSTIKAWENI, FARIKHA (2019) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd i payaman melalui penerapan model group investigation berbantuan media mind mapping pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (873kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD 1 Payaman. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi dalam diri siswa yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dilakukan pada kegiatan belajar. Model pembelajaran Group Investigation adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri siswa dalam memecahkan suatu permasalahan melalui investigasi topik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perenecanaan. Pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 1 Payaman kecamatan Mejobo kabupaten Kudus yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Tes diuji validitasnya dengan menggunakan validitas expert judgement. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I dengan perolehan persentase rata-rata keberhasilan sebesar 76% (baik), meningkat pada siklus II sebesar 86% (sangat baik). Persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran aspek sikap pada siklus I memperoleh persentase 67% (cukup) dan meningkat pada siklus II 85% (sangat baik). Aktivitas siswa aspek keterampilan dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 72% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 87% (sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 50%, setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang tuntas 76% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 86% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Payaman dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Mind Mappingdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd, Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Group Investigation, dan Media Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:35
Last Modified: 17 Dec 2020 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item