Peningkatanhasil belajar pada tema 6 cita-citaku muatan ips dan bahasa indonesia kelas iv dengan menggunakan modelmake a matchberbantuan media flashcardpada sdn mojolampir

Istiqomah, Ika (2019) Peningkatanhasil belajar pada tema 6 cita-citaku muatan ips dan bahasa indonesia kelas iv dengan menggunakan modelmake a matchberbantuan media flashcardpada sdn mojolampir. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan dan ranah keterampilan siswa kelas IV SDN Mojolampir melalui model Make a Match berbantuan media Flashcard pada tema 6 muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar merupakan suatu hasil perubahan yang diperoleh dari proses pembelajaran yang berlangsung. Model pembelajaran Make a Match adalah model pembelajaran yang ciri utamanya yaitu mencari pasangan kartu jawaban dan kartu pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Media Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya 25cmx30cm. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah meningkatkan hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SDN Mojolampir pada tema 6 Cita-citaku dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Flashcard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Mojolampir dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Matchdan media Flashcard, serta variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pada tema 6 melalui model Make a Match berbantuan media Flashcard meningkat. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan IPS siklus I sejumlah 1950 dengan kriteria cukup baik. Siklus II meningkat menjadi 2010 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia siklus I sejumlah 1905 dengan kriteria cukup baik, siklus II menjadi 2045 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah keterampilan siswa siklus I sebesar 543 dengan kriteria cukup baik, siklus II sebesar 631 dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa menggunakan model Make a Matchberbantuan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 kelas IV SDN Mojolampir. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Mojolampir dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make a Match berbantuan Media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar ranah pengetahuan dan ranah keterampilan siswa pada tema 6 kelas IV SDN Mojolampir.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd., Pmebimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Make a Match, Media Flashcard.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:53
Last Modified: 17 Dec 2020 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item