Peningkatan komunikasi matematis dengan model think pair share berbantuan media batik Materi keliling dan luas bangun datar kelas iv sdn mojodemak 1

NASTAINUKA, TRI INNA (2019) Peningkatan komunikasi matematis dengan model think pair share berbantuan media batik Materi keliling dan luas bangun datar kelas iv sdn mojodemak 1. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis siswa di SDN Mojodemak 1 masuk kedalam tingkat keberhasilan perlu adanya bimbingan dengan rata-rata skor klasikal 60. Sementara perolehan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa secara klasikal berada pada tingkat keberhasilan cukup dengan nilai rata-rata keterampilan komunikasi matematis sebesar 65. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, kemampuan komunikasi matematis siswa dan keterampilan komunikasi matematis siswa dengan model Think Pair Share berbantuan media batik. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mojodemak 1 yang berjumlah 33. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu dalam tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berbantuan media batik, sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis, keterampilan komunikasi matematis dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan non tes yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 76% dengan tingkat keberhasilan tinggi, dan siklus II menjadi 86% dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi 2) kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 73 dengan tingkat keberhasilan cukup dan siklus II menjadi 82 dengan tingkat keberhasilan baik 3) keterampilan komunikasi matematis memperoleh nilai rata-rata sebesar 77 dengan tingkat keberhasilan baik dan siklus II menjadi 86 dengan tingkat keberhasilan baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media batik dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, kemampuan komunikasi matematis, serta keterampilan komunikasi matematis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Mojodemak 1.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Pembimibng 2 Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Komunikasi Matematis, Think Pair Share (TPS), Batik, Luas Dan Keliling Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:09
Last Modified: 17 Dec 2020 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item