Penerapan model two stay two stray (tsts) berbantuan media shoe box untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas iv sd 3 peganjaran

IDRIS, MUHAMMAD (2019) Penerapan model two stay two stray (tsts) berbantuan media shoe box untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas iv sd 3 peganjaran. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Pemahaman konsep merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami, menggambarkan, memberikan contoh serta menjelaskan materi dengan bahasa siswa sendiri. Pemahaman konsep siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Shoe Box. TSTS merupakan model pembelajaran berkelompok dimana siswa diminta berdiskusi dan dua anggota kelompok bertugas mencari informasi ke kelompok lainnya sementara dua sisanya berjaga dan menerima tamu. Media Shoe Box merupakan media yang menjelaskan kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan di sebuah daerah. Penelitian terfokus pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dengan Sub Tema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku serta Sub Tema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru dengan model TSTS berbantuan media Shoe Box pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku pada Kelas IV SD 3 Peganjaran. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran TSTS dan Shoe Box, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan berupa soal tes berbentuk uraian dan berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 75,60 dengan kategori cukup, pada Siklus II memperoleh nilai sebesar 83,5 dengan kategori baik (2) kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,15 pada kategori perlu bimbingan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, pada Siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 75,95 pada kategori cukup dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penggunaan model TSTS berbantuan media shoe box dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku di Kelas IV SD 3 Peganjaran tahun ajaran 2018/2019. Sehingga guru dapat menggunakan model TSTS berbantuan media shoe box pada saat mengajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: pemahaman konsep, TSTS, Shoe Box, Bahasa Indonesia dan IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:19
Last Modified: 17 Dec 2020 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item