Penerapan model teams games tournament berbantuan media kado untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku Di sdn 1 bugo

RATNANINGSIH, DEVY (2019) Penerapan model teams games tournament berbantuan media kado untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv tema 8 daerah tempat tinggalku Di sdn 1 bugo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Kado (Kantong Doraemon) pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku untuk menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu tokoh-tokoh dalam teks fiksi dan PPKn yaitu keragaman karakteristik individu kelas IV SDN 1 Bugo Welahan Jepara. Model pembelajaran TGT adalah pembelajaran dengan permainan yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks di samping membutuhkan tanggung jawab, kerja sama, dan keterlibatan belajar. Media Kado merupakan media berbasis visual di dalamnya terdapat kartu pertanyaan untuk di diskusikan dengan kelompok. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model TGT berbantuan media Kado. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada teknik pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Bugo dengan subjek penelitian 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn melalui model TGT berbantuan media Kado meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata- rata yaitu 59% (kurang), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 75% (cukup), nilai rata-rata hasil belajar kognitif prasiklus Bahasa Indonesia adalah 67,19 (rendah), muatan PPKn yaitu 66,25 (rendah), kemudian setelah dilaksanakan penelitian siklus I meningkat 62,81 (rendah), dan meningkat di siklus II yaitu 75,94 (cukup). Nilai akhir hasil belajar afektif pada siklus I adalah 68,10 (kurang), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75,13 (cukup). Persentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I memperoleh 67,34 (kurang), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 72,03 (cukup) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Bugo dapat disimpulkan bahwa model TGT berbantuan media Kado pada tema 8 dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa peneliti menyatakan agar para guru menginovasikan model pembelajaran supaya siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Media Kado, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:32
Last Modified: 17 Dec 2020 04:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item